AHK Pimpin Rapat Pemantapan Sambut HUT Korpri

DISPORA KALTIM – KEPALA Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Hari Kesuma (AHK) memimpin rapat pemantapan persiapan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023, sekaligus memperingati HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim ke-67 tahun 2024.

Rapat tersebut dilaksanakan di Kantor Dispora Kaltim, Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan Kiai Haji Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Jumat (10/11/2023).

AHK mengungkapkan, rapat pemantapan HUT Korpri ke-52 dan HUT Pemprov Kaltim ke-67 itu membahas beberapa kegiatan lomba yang akan dilaksanakan. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan non-ASN organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal di lingkungan Pemprov Kaltim.

“Iya, kegiatan lomba yang mempertandingkan sembilan cabang olahraga itu akan melibatkan seluruh ASN, PPPK dan non-ASN Provinsi Kaltim. Kita ingin mencari potensi-potensi yang ada di lingkungan ASN dan PPPK. Ini juga sebagai bentuk apresiasi kita kepada mereka yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah,” katanya.

AHK menjelaskan, sebenarnya lomba itu akan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Yakni tenis lapangan, tenis meja, gateball, catur, bola voli, basket, sepak bola, futsal dan senam Korpri, serta balap sepeda. Namun karena belum siapnya lokasi maka lomba balap sepeda dibatalkan.

Menurut dia, kegiatan lomba ini tidak hanya untuk merayakan momen HUT Korpri dan HUT Pemprov Kaltim saja, namun juga sebagai upaya untuk meningkatkan semangat kebersamaan di antara pegawai Pemprov Kaltim. Dengan melibatkan seluruh ASN dan non-ASN dari berbagai tingkatan, diharapkan kegiatan ini dapat lebih memperkuat keterlibatan serta kerja sama antar seluruh pegawai perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan pelaksanaan pertandingan tersebut rencananya akan mulai terselenggara pada Desember 2023 mendatang. Mengingat ini pertandingan perdana yang digagas Dispora Kaltim, AHK menyebutkan sang pemenang yang meraih juara akan mendapatkan Piala Ketua Korpri Kaltim, yang saat ini dijabat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kali kita lakukan. Kami berharap bisa menjadi tradisi tahunan dalam rangka memperingati HUT Korpri dan menyambut HUT Pemprov Kaltim, khususnya dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga di Kaltim,” terangnya.

Selain membahas persiapan pelaksanaan lomba, dalam rapat itu juga dibahas kesiapan Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Kaltim menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Kaltim di Kabupaten Paser tahun 2024 dan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri ke-17 yang akan dilaksanakan di Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2025 mendatang.

Menurut Agus Hari Kesuma yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Bapor Korpri Kaltim, pelaksanaan dan hasil dari Porprov Kaltim akan menjadi tolak ukur bagi para atlet ASN Kaltim bersaing di Pornas Korpri ke-17.

Pertandingan lomba cabang olahraga (cabor) kali ini diharapkan bukan hanya menjadi ajang perlombaan semata, tetapi juga menjadi ajang untuk saling mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan di antara dinas-dinas yang berada di lingkungan Pemprov Kaltim. Hal ini menjadi langkah positif untuk membangun kebersamaan serta jaringan di tengah kesibukan ASN.

Meskipun yang akan menjadi pesertanya adalah seluruh ASN hingga P3K di lingkungan Pemprov Kalimantan Timur, diharapkan para peserta ini tidak menjadikan pertandingan ini untuk saling berselisih. Namun sebaliknya, diharapkan para peserta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam setiap pertandingan.

Rapat pembahasan rencana untuk menggelar pertandingan cabor ini merupakan upaya nyata pihak Dispora Kaltim dalam mendukung semangat Korpri sekaligus menyambut HUT Pemprov Kaltim. Selain itu juga, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan momen kebersamaan yang berkelanjutan di lingkungan Pemprov Kaltim. []

Penulis : Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com