Edi Damansyah Buka MTQ ke-44

KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kabupaten Kutai Kartenagara (Kukar) resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar Tahun 2023 dengan tema “Mewujudkan Generasi Al-Qur’an yang Berakhlakul Kharimah Menuju Kukar Idaman yang Sejahtera dan Bahagia”. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan bola Desa Kota Bangun III Kecamatan Kota Bangun Darat Kabupaten Kukar, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari Jumat (10/11/2023).

Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan alat musik gimar oleh Bupati Kukar, Sekretaris Daerah (Sekda), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemendag), Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) , dan Camat Kota Bangun Darat.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan sambutan pada pembukaan MTQ ke-44 Kecamatan Kota Bangun Darat, Jumat (10/11/2023)

Dalam pidatonya Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah  menyampaikan bahwa MTQ adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan mulai Pemerintah tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan tingkat nasional.

“Kecamatan yang pembinaannya baik, pasti mencapai prestasi yang terbaik. Semua Camat dan aparaturnya harus mendorong pembinaan tilawatil Qur’an di wilayahnya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Program Satu Desa Satu Hafidzh Qur’an yang telah memasuki tahun ke-4. “Program ini merupakan komitmen kami. Pondok pesantren dan santrinya adalah benteng utama untuk menjaga ukhuwah Islamiyah dan juga sebagai benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Dalam event tersebut dilakukan penyerahan piala bergilir oleh Camat Loa Janan sebagai Juara MTQ ke 43 di Kecamatan Loa Kulu kepada Bupati Kukar yang kemudian menyerahkan kepada Camat Kota Bangun Darat selaku Ketua Panitia MTQ ke 44.

Diketahu kegiatan pembukaan MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar Tahun 2023 ini juga dihadiri pihak Kesultanan Kukar Ing Martadipura, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar, Ketua LPTQ Tingkat Kabupaten Kukar, Ketua MUI Kabupaten Kutai Kartanegara, Kepala Kemenag, Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Forkopimcam se-Kukar, Sekretaris Camat (Sekcam) se-Kabupaten Kukar yang sekaligus Ketua LPTQ Kecamatan se-Kab. Kukar, Pimpinan Bdan Usaha Milik Negeri (BUMN) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Kabupaten Kukar. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) se-Kecamatan Kota Bangun dan Kota Bangun Darat, Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kabupaten Kukar, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Kota Bangun dan Kota Bangun Darat, dan seluruh warga masyarakat yang hadir.

Penulis : Tusiman | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com