Kurangi Pengangguran, Latih dan Beri Magang SDM Kaltim

SAMARINDA – Dalam rangka menyambut Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim telah menggelar pelatihan dan program magang, guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat di temui, Kepala Disnakertrans Provinsi Kaltim Rozani Erawadi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menyiapkan tenaga kerja (SDM) yang berkompeten, untuk mendukung pembangunan dan pengembangan IKN.

“Kegiatan ini juga, merupakan upaya Pemprov Kaltim dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di wilayah Kaltim,” lanjutnya, Jumat (13/11/2023).

“Saat ini, Pemprov Kaltim memberikan fasilitas sebanyak 366 orang, yang mengikuti program magang dan berasal dari daerah Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser,” paparnya.

Disnakertrans Rozani Erawadi menerangkan bahwa memang kerja ini merupakan bentuk pendidikan dan pelatihan kejuruan teknis yang menggabungkan off the job training.

“Hal ini, agar para peserta memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi yang di perlukan di perusahaan,” imbuhnya.

“Dengan program ini, di harapkan para peserta nantinya akan mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata, serta ketrampilan, sikap mental, etos kerja, perilaku dan budaya kerja,” pungkasnya. (ADV/AIS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com