Upaya Mengatasi Masalah Sampah di Tenggarong Seberang

KUTAI KARTANEGARA – Permasalahan hambatan pembuangan sampah dan mobilitas masih sering terjadi di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Solusinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar memperbanyak kendaraan pengangkut sampah di kecamatan tersebut dan Kamis (16/11/2023), sebanyak 17 kendaraan roda tiga didistribusikan.

Acara penyerahan dilakukan langsung Bupati Kukar Edi Damansyah di Kantor Camat setempat di Jalan Pahlawan, Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang. Pada kesempatan itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, penyerahan bantuan 17 Kendaraan roda tiga merek Viar itu digunakan untuk penanganan sampah yang diberikan kepada seluruh kepala desa yang ada di Tenggarong Seberang.

“Kendaraan ini berkaitan dengan tugas-tugas pengendalian sampah di tingkat desa, merupakan pelimpahan kewenangan dari kami kepada kecamatan untuk mengatasi persoalan sampah,” jelasnya.

Edi Damansyah juga mengatakan dengan fasilitas yang tersedia, Ia berharap pengelolaan sampah dapat dikelola dengan baik di tingkat desa, khususnya di Kecamatan Tenggarong. “Untuk teknisnya, kami serahkan kepada pihak kecamatan, desa maupun lurah untuk membentuk tim penanganan sampah,” kata Edi Damansyah.

Sementara Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono mengatakan, kendaraan tersebut sesuai instruksi bupati usai serah terima. Pihaknya akan segera mengoordinasikan pembentukan tim di desa-desa dan teknis di lapangan. “Kami akan langsung berkoordinasi, karena memang ada beberapa hal yang perlu segera dirampungkan terkait SOP (Standar Operasional Prosedur, red) dan teknis di lapangannya. Dengan adanya bantuan kendaraan ini, kami sangat terbantu dalam upaya pengendalian dan mobilitas penanganan sampah,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com