Implementasi Satu Data Indonesia, BPS Kaltim Gelar FGD Penghimpun Metadata Statistik Sektoral

SAMARINDA, ADVETORIAL – Implementasi Satu Data Indonesia terus diupayakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satunya melalui Focus Group Discussion (FGD) Penghimpun Metadata Statistik Sektoral Kaltim tahun 2023 yang digelar di Ruang Sigma, Kantor BPS Kaltim Jalan Kemakmuran, Sungai Pinang, Kota Samarinda, Senin (20/11/2023).

Ketua Tim Statistik Sektoral Khairil Anwar menerangkan, FGD yang diikuti 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, instansi vertikal serta BPS ini merupakan bagian implementasi Peraturan Presiden (PP) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Walidata diberi tugas untuk memeriksa kesesuaian data dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI).

“Kita berkumpul hari ini untuk melakukan konfirmasi penghimpunan metadata variabel dan indikator sesuai portal coaching sektoral,” jelas Khairil Anwar.

Selain itu dilakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap pengisian metadata, sekaligus finalisasi metadata statistik sektoral terdiri dari metadata kegiatan, variabel dan indikator yang nantinya akan ditayangkan di portal satu data Indonesia.

Khairil menjelaskan bahwa sejak awal tahun sudah melakukan coaching clinic yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim dan di bulan Juni melakukan FGD penghimpunan metadata nasional.

Diharapkan FGD dapat meningkatkan koordinasi antar instansi dalam rangka penyelenggaraan statistik sektoral yang berkualitas akurat, mutakhir update dan dapat dipertanggung jawabkan. (ADV/IHS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com