Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim, Ini Kata Masturi Akbar Tapipullah

DISPORA KALTIM – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim menggelar Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari itu dilaksanakan di Stadion Madya Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja Samarinda, 15 hingga 21 November 2023.

Ditemui media ini di ruang kerjanya di lantai 2 Kantor Dispora Kaltim, Samarinda, Selasa (21/11/2023), Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim M Masturi Akbar Tapipullah mengungkapkan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim tahun 2023 merupakan inisiasi Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma.

Dia menjelaskan, sejak dilantik sebagai Kepala Dispora Kaltim pada 31 Maret 2023 lalu, Agus Hari Kesuma langsung melakukan evaluasi anggaran serta merevisi kegiatan di Dispora Kaltim.

“Kegiatan yang awalnya dianggap penting, setelah direvisi menjadi penting. Salah satunya Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim yang untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Dispora Kaltim,” terangnya.

Karena itu Masturi Akbar Tapipullah mengapresiasi pencapaian luar biasa yang dilakukan Agus Hari Kesuma dalam memilih kegiatan yang harus dilaksanakan Dispora Kaltim.

“Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim ini awalnya tidak diperhitungkan dan tidak ada anggaran untuk melaksanakannya, namun berkat kejelian Kadispora, kegiatan itu bisa dilaksanakan,” katanya.

 

Terlebih lanjut Masturi Akbar Tapipullah, Sepak Bola Wanita Kaltim telah lolos pra Pekan Olahraga Nasional (PON). Sehingga sangat tepat jika kejuaraan Piala Gubernur Kaltim menjadi bagian dari persiapan tim Sepak Bola Wanita Kaltim menghadapi PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024 mendatang

Karenanya dia berharap, turnamen yang diikuti 200 peserta dari tujuh kabupaten/kota di Kaltim, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Balikpapan, Berau dan Kutai Timur itu dapat melahirkan atlet-atlet sepak bola wanita yang handal yang bisa membawa Kaltim berbicara banyak di ajang PON XXI/2024, khususnya di cabang olahraga sepak bola wanita.

Meski dia mengakui, melakukan pembinaan atlet sepak bola wanita tidak mudah. Namun Masturi Akbar Tapipullah mengajak semua pihak untuk bercermin pada pembinaan atlet sepak bola yang telah dilakukan negara-negara lain, khususnya negara di kawasan Benua Asia.

“Tidak usah jauh-jauh, tapi kita lihat bagaimana Jepang dan Korea bisa melakukan pembinaan atlet sepak bola, sehingga sepak bola wanita mereka mampu berbicara banyak di kancah internasional,” paparnya.

Piala Gubernur Kaltim untuk kejuaraan sepak bola wanita ini digelar selama tujuh hari, 15-21 November dan terbagi menjadi 7 tim yang mana grub A dan grup B. “Mari bersama-sama dan mendorong olahraga sepak bola wanita ini dapat mewakili Kaltim nantinya untuk berlaga di PON 2024,” imbaunya.

Sebelumnya, saat membuka Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim di Stadion Madya GOR Kadrie Oening, Sempaja, Samarinda, Kamis (16/11/2023), Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma menyampaikan kejuaraan sepak bola wanita ini dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit baru atlet sepak bola wanita Kaltim yang handal berkualitas dan berprestasi di tingkat nasional atau bahkan di tingkat internasional.

“Oleh karena itu, manfaatkan ini dengan sebaik-baiknya Dan saya berharap agar menghasilkan para juara yang terbaik sebagaimana yang kita harapkan bersama,” kata AHK.

Agus pun berharap olahraga ini dapat dikembangkan ke seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak usia dini, hingga ke perguruan tinggi. “Mari kita bangkitkan olahraga sepak bola wanita di Kaltim, sehingga bisa tampil lebih baik, seperti hal sepak bola pria,” ajaknya. []

Penulis : Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com