Pemcam Marangkayu Ingatkan Warga Waspada Buaya

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kecamatan Marang Kayu melalui Camat AR Ambo Dalle mengingatkan warga masyarakatnya agar waspada dengan kemunculan buaya yang sering muncul dan naik ke daratan dan bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di bantaran sungai.

“Dihimbau kepada warga Kecamatan Marangkayu untuk lebih berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas di sekitar sungai, ” ucapnya.

“Pekan lalu, petugas Damkar dan Penyelamatan Marang Kayu berhasil menangkap buaya dengan panjang kurang lebih 3 meter di belakang Ponpes DDI,” sebut Ambo Dalle, Selasa 21 November 2023.

Dari penemuan buaya yang sudah dikirim ke penangkaran buaya Teritip, Balikpapan tersebut, dirinya bersama petugas Damkar dan Penyelamatan kemudian menyisir lokasi buaya sering bermunculan. “Ada dua titik lokasi yang kita pantau bersama yang menurut orang sering bermunculan buaya, sekitar PDAM dan pelabuhan pelelangan ikan masuk Desa Sebuntal,” ujarnya.

Agar tidak memakan korban jiwa, Pemcam Marang Kayu akan memasang plang tanda peringatan dan larangan bermain di sekitar lokasi tersebut. Marang Kayu memang rawan dengan buaya ganas yang berasal dari aliran sungai Santan hingga ke Santan Ulu.

“Naik ke daratan, bisa jadi ada gangguan ekosistem sungai sehingga memaksa buaya mencari makan keluar sungai,” ucapnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati jika beraktivitas ke sungai. Terutama bagi warga luar Marang Kayu yang datang untuk memancing di sungai. “Infonya, banyak pemancing dari Bontang dan Samarinda malam hari berdatangan untuk memancing,” sebutnya.

Mantan Sekretaris Camat Tenggarong Seberang ini juga mengingatkan kepada petani Marang Kayu untuk berhati-hati jika turun ke sawah.

“Laporan yang saya terima dari warga, buaya juga sudah ada yang turun ke sawah, harap berhati-hati demi keselamatan diri,” tuturnya.

Penulis: Tusiman | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com