Gerilya Women FC Juara Turnamen Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023

DISPORA KALTIM – KESEBELASAN Gerilya Women FC keluar sebagai juara Turnamen Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023.

Dalam final yang berlangsung di Stadion Madya Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening Jalan Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Selasa (21/11/2023), Gerilya Women FC Kota Samarinda mengandaskan perlawanan Kartanegara Women FC asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan skor meyakinkan, 4 – 0.

Pertandingan final tim sepak bola wanita Gerilya Women FC melawan tim sepak bola Kartanegara Women FC, sekaligus menjadi penutup Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023.

Selain mendapat piala dan medali, masing-masing pemenang juga mendapat uang pembinaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Juara pertama Gerilya Women FC Samarinda mendapat Rp20 juta, juara kedua Kartanegara Women FC Kukar Rp10 juta, dan juara ketiga Afika Women FC dari Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kukar memperoleh Rp7,5 juta.

Dalam acara penutupan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim M Masturi Akbar Tapipullah mengatakan, kejuaraan tersebut merupakan kegiatan yang sangat berarti bagi tim sepak bola wanita di Kaltim.

Karena selain menjadi ajang silaturahmi antar senior dengan junior, kejuaraan ini juga sebagai ajang mencari bibit-bibit unggul, guna dipersiapkan serta diberikan pembinaan untuk meningkatkan prestasi mereka di bidang olahraga.

Tapipullah juga mengungkapkan rasa syukur, karena turnamen sepak bola wanita yang untuk pertama kalinya digelar Dispora Kaltim bisa berjalan sukses, lancar dan tanpa hambatan. Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim digelar sejak tanggal 15 November dan berakhir tanggal 21 November 2023 ditutup dengan pertandingan final antara Gerilya Women FC versus Kartanegara Women FC.

“Kami bersyukur karena kejuaraan ini selesai. Selama pertandingan sejak 15 November lalu hingga hari ini, semuanya berjalan dengan lancar,” katanya.

Tapipullah mengungkapkan, dua tahun lalu memang pernah diadakan kejuaraan sepak bola wanita, tapi bukan memperebutkan piala gubernur, melainkan Piala Pertiwi pada tahun 2021. Sedangkan untuk kejuaraan yang memperebutkan Piala Gubernur Kaltim, baru kali ini diselenggarakan, khususnya untuk kejuaraan sepak bola wanita.

“Kejuaraan sepak bola untuk wanita ini merupakan pertama kalinya yang kita selenggarakan, meski Kejuaraan Sepak Bola Piala Gubernur Kaltim pernah bergulir beberapa tahun silam, tapi kejuaraan itu bukan untuk wanita,” jelasnya.

Tapipullah juga mengatakan, turnamen yang diikuti 200 pemain sepak bola wanita dari tujuh kabupaten/kota di Kaltim, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Balikpapan, Berau dan Kutai Timur itu juga menjadi bagian dari upaya Pemprov Kaltim mempersiapkan atlet sepak bola wanita guna menghadapi PON ke-21, yang akan digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara pada bulan September 2024 mendatang.

“Sepak bola wanita Kaltim telah lolos di Pra-PON, sehingga melalui ajang Piala Gubernur Kaltim 2023 ini juga sebagai persiapan Kaltim menghadapi PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024,” katanya.

Di awal lanjut dia, pihaknya sudah yakin bahwa tim sepak bola wanita Kaltim akan lolos pada Pra PON bulan Oktober lalu. Karena tim sepak bola wanita dari Kota Samarinda sebelumnya, pernah membawa tim mewakili Kaltim ke Bandung, Jawa barat.

Apalagi tim sepak bola wanita Kaltim, yang mengikuti Pra PON yang lolos babak kualifikasi bulan Oktober 2023 lalu, didominasi dari penggawa Kota Tepian. Karena hampir 70 persen yang ada dalam tim sepak bola wanita ini berasal dari Samarinda, sedangkan 30 persennya berasal dari Kukar.

Sehingga harapan Tapipullah, melalui gelaran Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 kali ini, bisa kembali menambah armada Kaltim menghadapi PON ke-21, pada September 2024 mendatang.

Penutupan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 ini dihadiri juga oleh Ketua Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Samarinda Joha Fajal yang memberikan apresiasi atas keberhasilan kesebelasanan sepak bola wanita Kaltim lolos pra PON dan mengikuti PON XXI/2024 mendatang. []

Penulis : Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com