BPSDM Kaltim Wujudkan Proses Pelatihan PNS Terstandarisasi

YOGYAKARTA, ADVETORIAL – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Pelatihan Penyusunan Kurikulum bagi Widyaiswara, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional Analis Pengembangan Kompetensi dan Pengelola Pelatihan.

Pelatihan dengan tema “Penyusunan Kurikulum Pengembangan Kompetensi Teknis, Fungsional, Pemerintahan dan Sosio Kultural dalam Meningkatkan Profesionalisme Penyelenggaraan Pelatihan” itu dilaksanakan di Hotel Royal Malioboro, Yogyakarta selama empat hari efektif, mulai tanggal 19 hingga 23 November 2023.

Mewakili Kepala BPSDM Kaltim, Kepala Bidang Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional (PKMF) Rina Kushariyanti, menyampaikan, pelatihan Penyusunan Kurikulum ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa jajaran BPSDM Kaltim mampu memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas bagi ASN.

Dia mengatakan, tersedianya kurikulum yang baku dimaksudkan agar proses pelatihan bisa terstandarisasi untuk menjaga kualitas pelatihan. Karena itu, para widyaiswara, pejabat struktural dan para analis pengembangan kompetensi (bangkom) diharuskan mengikuti Pelatihan Penyusunan Kurikulum. Sekaligus nanti di akhir kegiatan pelatihan, tersusun draft kurikulum pelatihan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan, Tajuddin, menyampaikan, bahwa tujuan pelatihan adalah untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman para Pejabat Fungsional dan Struktural dalam penyusunan kurikulum pelatihan.

Jauhar Efendi, sebagai Widyaiswara Ahli Utama dan sekaligus sebagai peserta menambahkan, bahwa jumlah peserta pelatihan sebanyak 29 orang.

“Peserta sangat aktif mengikuti kegiatan pelatihan, hingga hari ketiga. Untuk praktik penyusunan kurikulum pelatihan, peserta dibagi dalam lima kelompok dengan tema yang berbeda-beda,” jelas Jauhar Efendi di lokasi pelatihan di di Hotel Royal Malioboro, Yogyakarta, Rabu (22/11/2023).

Jauhar menambahkan, pelatihan menghadirkan narasumber dari Lembaga Administrasi Negara, yaitu Brisma Renaldi dan Aminuddin Maliki. (ADV/IHS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com