Digital Idaman Awards 2023 Beri Apresiasi OPD dan KIM Kukar

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kukar menggelar malam anugerah digital Idaman Awards 2023 bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se- Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Putri Karang Melenu, Jalan Mangkunegara Teluk Dalam Tenggarong Seberang, Rabu (22/11/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekretaris Daerah Kukar Sunggono, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kukar Dafip Haryanto dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kukar.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kukar Dafip Haryanto dalam sambutannya menyampaikan laporan bahwa kegiatan ini merupakan bersumber dari anggaran Diskominfo dengan subsistem penyelenggaraan ekosistem smart city. 

“Kegiatan ini bertujuan partisipasi dan kolaborasi, berkreasi dan berinovasi dalam upaya mendorong digitalisasi layanan administrasi pemerintah dan layanan publik, ” ucap Dafip.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari evaluasi terhadap peran internal Diskominfo dalam pembinaan dan pendampingan yang telah berjalan, serta kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap OPD yang sudah berkontribusi dalam rangka mewujudkan peran-peran keterbukaan, diseminasi dan  juga pengelolaan pengaduan.

Kegiatan ini memberikan ruang berkreasi khususnya kepada teman-teman komunitas informasi masyarakat serta adik-adik penggiat teknologi dan informatika, ” ungkapnya.

Adapun katagori yang menjadi perebutan sebanyak 6 katagori yakni katagori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) terbaik, katagori KIM terbaik, Hacking dan Marathon (Hackathon) terbaik, katagori pengelolaan media sosial terbaik, katagori pengelolaan website OPD terbaik, katagori pengelolaan SP4N Lapor terbaik.

Penilaian katagori Idaman Digital Awards ini talah berlangsung dari tanggal 10 November 2023 lalu, dengan dewan juri yang terdiri dari unsur pejabat pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, unsur akademisi dan unsur praktisi. Dewan juri tersebut yakni Muhammad Faisal Kepala Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ruli Nasrullah Konsultan Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI), Yuni Rindiantika dosen pengembang teknologi pembelajaran Univeristas Kutai Kartanegara (Unikarta) dan Robi Johan Palupi Pimpinan Redaksi Kaltim Kece, dan Surya Attegori dari internal Diskominfo, dan Toni Nurhadi Kumija yakni Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik Unikarta, serta praktisi Isan Hadi Direktur Erutia Multimedia.

Penulis: Tusiman | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com