Kelurahan Maluhu Gelar Hiburan Rakyat dan Sedekah Bumi

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kelurahan Maluhu menggelar hiburan rakyat dan sedekah bumi selama empat hari berturut-turut. Kegiatan ini dimulai dari Sabtu (18/11/2023) hingga Rabu (21/11/2023). Acara ini akan berlangsung di Sasarna Krida Bakti depan Kantor Kelurahan Maluhu Jalan Long Pahangai, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan dimulai dengan festival kesenian gandrung dengan berbagai rangkaian acara seperti tarian khas banyuwangi, tarian dayak dan tarian lainnya, kemudian ada kesenian jaranan, dan diakhiri dengan acara sedekah bumi dan shalawatan. Acara ini diharapkan akan merekatkan keberagaman suku budaya dan silaturahmi warga yang ada di Kelurahan Maluhu.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, mengungkapkan bahwa hiburan rakyat ini akan menampilkan berbagai kesenian daerah, seperti tari-tarian dan kesenian jaranan. Puncak acara akan dirangkai dengan kegiatan sedekah bumi, yang merupakan wujud syukur dari para petani di Kelurahan Maluhu selama setahun. “Seluruh petani di kelurahan Maluhu akan menyumbangkan hasil bumi pertaniannya, yang nantinya akan dibentuk menjadi gunungan raksasa dan dibagikan kepada warga yang hadir,” ujarnya.

Joko berharap partisipasi warga Maluhu dalam acara ini dapat memeriahkan sedekah bumi. Selama pelaksanaan Hiburan Rakyat, kelurahan juga akan menyediakan stand untuk warga yang ingin berjualan, sehingga acara ini tidak hanya mendukung tradisi, budaya, dan kesenian lokal tetapi juga memberikan dampak ekonomi positif bagi warga Maluhu “Kami juga berharap acara seperti ini bisa berkelanjutan, artinya bisa jadi agenda tahunan di Maluhu, agar Maluhu ke depan bisa lebih baik lagi baik itu kerukunan antar warga serta pembangunan di sektor pertaniannya lebih berkembang,” tandasnya.

Penulis : Tusiman| Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com