Penerima Program Bedah Rumah Masih Ada Tidak Tepat Sasaran

BONTANG – Sasaran program bedah rumah yang dilakukan Oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan seharusnya ialah warga yang tidak mampu.
Akan tetapi, Anggota Komisi II DPRD Bakhtiar Wakkang mengaku mendapatkan informasi bahwa masih ada penerima bantuan yang tidak tepat sasaran, “Jadi yang menerima itu merupakan tempat kos, Ada itu di Berbas Pantai salah satunya,” terangnya.

Memang penerima itu sesuai dengan identitas sasaran. Namun ini tidak sesuai dengan kriteria. Jika hunian itu disewakan maka ada pendapatan tambahan bagi pemilik. Artinya pemilik itu dalam kategori masyarakat mampu.

Demikian ketika sudah dibedah rumahnya justru pemilik menaikkan tarif sewa. Mengingat secara struktur kondisi bangunan itu lebih mulus dibandingkan sebelumnya, “Ini yang saya bingung proses pendataannya seperti apa,” sebutnya, Jumat (24/11/2023).

Seharusnya data yang diajukan oleh pengurus RT ini dilakukan verifikasi lapangan. Tim yang melakukan verifikasi juga dari unsur lainnya. Sehingga bisa melakukan penapisan terkait kriteria penerima bantuan.

Setelah itu hasil penapisan kembali diumumkan ke pengurus RT
“Jika skema yang dipakai demikian maka akan diketahui mana bangunan yang disewakan atau tidak,” ujarnya.

Program bedah rumah ini menggunakan APBD Bontang. Bentuknya penerima bantuan akan membeli material dan dilakukan perbaikan huniannya. Aspek yang dibedah yakni atap, dinding, dan lantai.

Penulis : Fanny | Penyunting : Aji Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com