Salehuddin Perkuat Nilai Pilar Bangsa di Manunggal Jaya

PARLEMENTARIA KALTIM – UNTUK memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bineka Tunggal Ika, maka dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) yang dilakukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Termasuk juga oleh Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Salehuddin yang menggelar Sosbang di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (25/11/2023).

Dalam kegiatan ini Salehuddin didampingi narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar H. Nasrun, serta dihadiri tokoh masyarakat, ibu-ibu dan pemuda warga setempat.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan, cara legislatif menyuarakan rasa cinta tanah air kepada masyarakat. Salah satunya dengan memahami Pancasila sebagai landasan hidup Warga Negara Indonesia (WNI),” ujar anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kukar ini.

Salehuddin mengatakan, bahwa Pancasila, harus menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itulah yang mendasari DPRD Kaltim mengagendakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan sebagai kegiatan rutin.

Menurutnya pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dan NKRI penting untuk disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara. “Kita ini lebih dari 1.300 suku bangsa di Indonesia, ini harus tetap bersatu, mencintai tanah air,” tegas anggota Komisi IV DPRD Kaltim.

Ia menjelaskan, setiap butir Pancasila adalah cerminan diri sebagai bangsa Indonesia. Harus bersatu, saling menghargai, tidak boleh bercerai-berai, saling asah asih, dan asuh terhadap tetangga, terhadap umat dan kaum kita. “Kita juga harus gotong royong terhadap lingkungan di mana kita tinggal. Falsafah di mana bumi kita pijak, langit kita junjung menjadi sebuah tekad keyakinan di dalam diri kita bersama-sama mempunyai tanggung jawab yang sama,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga salah satu tanggung jawab DPRD Kaltim dalam rangka membangun landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terdiri dari landasan ideologi Pancasila, Konstitusi, persatuan dan kesatuan serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia dan pembangunan di daerah.

“Rasa nasionalisme yang kuat menjadi faktor penting dalam upaya menjaga persatuan dan memajukan suatu bangsa. Dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme tersebut saya dan anggota DPRD Kaltim lainnya kembali turun langsung ke masyarakat dalam rangka sosialisasi wawasan kebangsaan,” pungkasnya. []

Penulis: Selamet | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com