Pelayaran Rute Bontang-Mamuju Belum Terealisasi, Amir Tosina Minta Pemkot Tindaklanjuti

BONTANG – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Amir Tosina kembali meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang menindaklanjuti rencana pelayaran kapal penumpang rute Bontang-Mamuju di Pelabuhan Lok Tuan, Kota Bontang.

Pasalnya, hingga kini rencana tersebut belum terealisasi. Sementara masyarakat asli Mamuju yang bermukim di Kota Bontang ini sudah sejak lama menginginkan adanya pelayaran langsung Bontang – Mamuju.

Terlebih kata dia, jumlah warga suku Mamuju yang telah bermukim di Kota Taman (sebutan lain Kota Bontang) mencapai puluhan ribu. Sehingga masyarakat cukup antusias menyambut kapal penumpang Bontang-Mamuju.

Selain itu, adanya rute tersebut dapat mengurangi beban ongkos bagi warga yang hendak ke Mamuju (Sulawesi Barat) ataupun sebaliknya. Seban mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Samarinda atau Balikpapan ketika hendak pulang kampung.

“Jadi harus terus diupayakan supaya bisa beroperasi kapalnya. Apalagi sangat diinginkan masyarakat Mamuju,” terangnya, Senin (27/11/2023).

Lebih jauh, wakil rakyat yang merupakan orang asli Mamuju ini pun menilai adanya rute tersebut juga bisa menjadi salah satu langkah pemerintah untuk menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara (PPU).

Selain itu, ia bilang rute Bontang-Mamuju bakal berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan berdagang bahan pangan sayur mayur serta buah-buahan dari Mamuju kemudian diperjualbelikan di Kota Taman.

“Ini juga nantinya dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” ucapnya.

Penulis: Fanny | Penyunting: Aji Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com