Sambut Kunjungan Pelajar SMP IT Cordova, Encik Wardani Jelaskan Tugas dan Fungsi DPRD Kaltim

PARLEMENTARIA KALTIM – GEDUNG Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kedatangan tamu istimewa, pada Selasa (28/11/2023). Mereka adalah rombongan pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Cordova, Samarinda,

Kunjungan para pelajar yang disertai guru pendamping itu merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran dengan tema Wawasan Kebangsaan, yang bertujuan untuk memahami tugas dan fungsi DPRD Kaltim secara langsung.

Rombongan disambut hangat Anggota Komisi II DPRD Kaltim Encik Wardani. “Selamat datang di Ruang Rapat Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Timur, yang merupakan representasi dari keterwakilan masyarakat Kalimantan Timur,” ucap Encik.

Wakil rakyat yang belum lama ini dilantik sebagai anggota dewan itu kemudian memberikan pemahaman kepada pelajar SMP IT Cordova Samarinda tentang tugas dan fungsi DPRD Kaltim, termasuk penganggaran, pembuatan peraturan daerah, dan fungsi pengawasan. 

Ia berharap bahwa dengan tiga fungsi anggota dewan ini, pemerintahan di Kalimantan Timur dapat berjalan seimbang, stabil, dan mampu memajukan rakyat Kalimantan Timur.

Anggota Dewan dari daerah pemilihan Samarinda ini juga menjelaskan mengenai alat kelengkapan dewan, yang terdiri dari Komisi-Komisi, Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, Badan Pembentukan Perda, dan Pansus.

Ia juga menjelaskan mengapa masyarakat perlu diwakilkan dalam DPRD. Hal ini karena untuk melaksanakan program-program pembangunan, perlu adanya Anggota Dewan yang dapat memperjuangkan aspirasi dari masyarakat Kalimantan Timur.

 

Sementara terkait wawasan kebangsaan yang menjadi tema kunjungan para pelajar SMP IT Cordova, Encik memaparkan pentingnya menanamkan pilar-pilar kebangsaan dan cinta tanah air sejak dini kepada generasi muda.

“Generasi muda adalah penerus bangsa, oleh karena itu penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada mereka sejak dini,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dia menjelaskan, pilar-pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Pilar-pilar tersebut harus dipahami dan dihayati oleh setiap warga negara Indonesia, termasuk generasi muda.

“Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia, UUD NRI 1945 adalah konstitusi negara, NKRI adalah bentuk negara kita, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara kita,” imbuh Encik.

Dia kemudian menekankan pentingnya cinta tanah air kepada generasi muda. Cinta tanah air merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. “Cinta tanah air berarti mencintai bangsa dan negara Indonesia, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara,” tegasnya lagi.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Kepala Sekolah SMP IT Cordova Samarinda, Sariko, kepada Encik Wardani selaku Anggota Komisi II DPRD Kaltim. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com