Kampanye Pemilu Sudah Mulai, Satpol PP Tunggu Penyerahan BKO

KUTAI KARTANEGARA – MASA kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) telah dimulai sejak Selasa, 28 November 2023. Salah satu unsur yang terlibat dalam pengamanan pelaksanaan pemilu adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Namun di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Satpol PP setempat belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya terkait pelaksanaan masa kampanye pemilu.

Pasalnya seperti diungkapkan Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Kabid Linmas) Satpol PP Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sanitia Warman, mereka masih menunggu upacara penyerahan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO), anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dan di tingkat Kabupaten Kukar secara bersamaan.

“Kalau untuk saat ini kita paling seperti biasa saja, karena memang untuk kegiatan selama pemilu kami masih menunggu digelarnya BKO terlebih dahulu,” ucapnya ditemui awak media di Tenggarong, Selasa (28/11/2023).

Sanitia Warman mengungkapkan, upacara penyerahan pasukan BKO sendiri baru akan dilaksanakan pada Kamis, 30 November 2023 di halaman Kantor Bupati Kukar yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim.

“Nanti akan diserahkan pasukan sebanyak 7 ribu orang lebih, terdiri dari 3090 untuk di linmas dan 3910 untuk di posisi pengawalan per TPS. Selain itu, ada sekitar 150 anggota Satpol PP yang akan bertugas aktif selama pemilu 2023-2024,” jelasnya.

“Untuk BKO sendiri kami sudah menyiapkan personil yang akan ditugaskan. Harapan kami, selain adanya personil yang ada di lapangan. Masyarakat juga dapat ikut terlibat membantu dalam melakukan pengawasan,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com