17.073 BKO Satlinmas Dikerahkan Untuk Amankan Pemilu

KUTAI KARTANEGARA – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) terima 17.073 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim bertempat di Halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Jalan Robert Wolter Mongisidi, Timbau, Tenggarong, Kamis (30/11/2023).

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltim Brigadir Jenderal Polisi Mujiyono mengatakan, bantuan dari 17.073 personel BKO akan sangat membantu dalam pelaksanaan pemilihan umum 2024, yang sesuai dengan program mantap brata yang tengah dijalankan oleh pihaknya. “Syukurlah, hari ini Pak Gubernur mengirimkan 17.073 personel BKO untuk membantu menyukseskan pemilu serentak ini,” jelasnya.

Selain itu, Mujiyono menjelaskan bahwa dalam prosedur pelaksanaan pemilihan yang akan datang, mereka akan membagi wilayah menjadi empat standarisasi, yaitu wilayah yang sangat rawan, rawan, kurang rawan, dan TPS Khusus. Berdasarkan hasilnya, personel satuan perlindungan masyarakat (linmas) dan polisi akan ditempatkan di Tempat Pemilihan Suara (TPS) khusus.

Daerah yang dianggap sangat rawan akan memiliki dua polisi dengan empat linmas di satu TPS, daerah yang dianggap rawan akan memiliki dua polisi dengan empat linmas di dua TPS, dan daerah yang dianggap kurang rawan akan memiliki dua polisi dengan 32 linmas di enam TPS. TPS Khusus akan memiliki dua polisi dengan empat linmas. “Harapannya apa yang menjadi keinginan kita untuk suksesnya pemilu damai dapat dilaksanakan dengan lancar,” tutup Mujiyono. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com