Fraksi PKS DPRD Kaltim Gelar Lomba Baca Kita Kuning

PARLEMENTARIA KALTIM – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar lomba baca Kitab Kuning se-Provinsi Kaltim edisi ke-7.

Kegiatan yang diadakan di ruang rapat Gedung E Lantai I Kompleks perkantoran DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Jumat (01/12/2023) itu dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023.

Pelaksanaan lomba Baca Kitab Kuning yang dimulai sekitar pukul 09.00 Waktu Indonesia Tengah itu diikuti 15 santri. Panitia menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan dan tropi.

Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Kaltim Ali Hamdi mengatakan, Lomba Baca Kitab Kuning se-Kaltim merupakan kegiatan rutin Fraksi PKS DPRD Kaltim setiap tahun dan puncaknya akan dilaksanakan di Jakarta untuk tingkat nasional.

“Setiap tahun kami mengadakan acara ini seluruh Indonesia, jadi nanti serentak pada 04 Desember 2023 akan final di Jakarta, utusan dari seluruh Provinsi akan melakukan penilaian setiap provinsi mengirimkan satu wakilnya,” jelas Anggota Komisi III DPRD Kaltim ini.

Wakil rakyat dari pemilihan Kutai Kartanegara ini mengatakan, lomba baca Kitab Kuning Se-Kaltim merupakan kegiatan rutin Fraksi PKS DPRD Kaltim setiap tahun dan puncaknya akan dilaksanakan di Jakarta untuk tingkat nasional.

“Setiap tahun kami mengadakan acara ini seluruh Indonesia, jadi nanti serentak pada 04 Desember 2023 akan final di Jakarta, utusan dari seluruh Provinsi akan melakukan penilaian setiap provinsi mengirimkan satu wakilnya,” ujar politisi dari PKS ini.

Anggota Dewan yang juga duduk sebagai anggota Badan Musyawarah DPRD Kaltim ini melanjutkan, pihaknya rutin mengelar acara tersebut bertujuan melestarikan karya para ulama.

“Ini salah satu bagian untuk mewarisi karya para ulama terdahulu, jadi kitab kuning ini adalah kitab klasik, di mana kitab sumber asli dari Islam itu sendiri karena ditulis orang terdahulu dan akan berlanjut terus,” terang Ali Hamdi.

 

Diungkapkannya, peserta juga ada yang berasal dari luar Kaltim dan sedang menempuh kuliah di salah satu universitas yang ada di Kaltim dan yang paling istimewa nanti ditingkat nasional hadiannya disiapkan umroh untuk tiap pemenag.

“Diikuti tidak hanya dari Kaltim ada juga mantan santri dari Banjarmasin dan berkuliah di sini, dan mereka akan mendapat hadiah umroh untuk para juara oleh Fraksi PKS di DPR RI,” kata pria kelahiran Lamongan, 10 April 1969 ini.

Dalam kesempatan itu, Ali hamdi berpesan supaya para santri terus mempelajari kitab kuning agar mendapat ilmu dan barokahnya. “Berharap memberikan rangsangan kepada para pelajar dan santri agar terus untuk mempelajari warisan dari pada para ulama terdahulu karena sumber ilmunya di situ,” tutup Ali Hamdi. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com