Kaltim Raih Naker Award 2023, Pembina Produktivitas di Daerah

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) meraih penghargaan Naker Award 2023 sebagai Pembina Produktivitas di Daerah. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Sri Wahyuni yang hadir mewakili Pj Gubernur Akmal Malik.

Saat memberikan sambutan, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, Naker Award 2023 diberikan sebagai upaya untuk memotivasi terhadap pembinaan bidang ketenagakerjaan. “Kesuksesan ketenagakerjaan ditentukan adanya kolaborasi yang baik. Mulai dari hulu ke hilir demi meningkatkan produktivitas,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Acara gelaran Kementerian Ketenagakerjaan tersebut dilaksanakan di Balai Sarbini Jakarta, Jum’at (01/12/2023). “Semoga ini dapat terus ditingkatkan dan memberi manfaat langsung bagi masyarakat,” ujar Sri Wahyuni.

Dia mengatakan untuk meningkatkan produktivitas diperlukan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan punguasaan keterampilan pada keahlian terapan tertentu (vokasi). Dan untuk mencapai standar kompetensi dilakukan dengan mekanisme sertifikasi keterampilan. Terlebih dengan adanya pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang membutuhkan tenaga kerja bersertifikat.

“Perlu diprogramkan pelatihan sertifikasi terutama pada keahlian yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di IKN untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja yang berasal dari daerah di Kaltim ini,” jelasnya.

Perusahaan dari Kaltim penerima Penghargaan Produktivitas Paramakarya 2023 yakni PT Sagatrade Murni asal Samarinda dan PT Mulia Jaya Mandiri asal Balikpapan untuk katagori usaha besar. Sedangkan PT Waroeng Geboy Oke asal Balikpapan untuk katagori usaha kecil.

Kemudian PT PKT Kaltim asal Bontang memperoleh penghargaan untuk katagori Olimpiade Pengupahan berdasarkan Produktivitas. (ADV/HIM/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com