Komitmen Program Kukar Berkah Beri Bantuan Perbaikan Tempat Ibadah

KUTAI KARTANEGARA – PEMERINTAH Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan bantuan perbaikan rumah ibadah baik masjid atau langgar yang ada di Desa Bukit Raya, bertempat di Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (02/12/2023).

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin, menyampaikan penyerahan bantuan tersebut merupakan realisasi visi-misi Kukar Idaman yang tercantum dalam RPJMD Tahun 2021–2026, yang di dalamnya terdapat program dedikasi Kukar Berkah.

“Ini merupakan bagian dari Program Kukar Idaman 2021-2026. Nah hari ini salah satu bentuk implementasi dari RPJD Kukar Idaman tersebut yaitu Kukar Berkah yang termasuk dari 23 program prioritas Kukar Idaman,” kata Rendi.

Bantuan renovasi tempat ibadah akan diberikan kepada tiga pengelola tempat ibadah di Desa Bukit Raya. Pertama penyerahan bantuan kepada Yayasan At-Taubah Bukit Raya senilai Rp 200 juta, Kedua penyerahan bantuan kepada Masjid Baitul Amin Bukit Raya senilai Rp 200 juta, dan Ketiga kepada Mushola Nurusauqoni Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah Bukit Raya senilai Rp 550 juta.

“Kami punya target setiap tahunnya 50 rumah ibadah harus direnovasi paling ringan ataupun berat. Ada juga bantuan 100 juta per pesantren yang kita targetkan setiap tahunnya 50 pesantren se-Kukar,” ucap Rendi.

Selain itu, Rendi Solihin menyerahkan bantuan dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berupa perlengkapan Majelis Taqlim. Bantuan tersebut berupa baju muslim, mukena, sarung, ambal, jam dinding digital, AC ruangan, buku tahlil, buku yasin, dan wireless yang diserahkan kepada TPQ Madinatul Ilmi Desa Bukit Raya, Perkumpulan Sholawat Nurul Huda, dan Fatayat Nahdlatul Ulama Ranting Desa Bukit Raya.

“Kami juga menyerahkan bantuan dari Kesra Setkab Kukar yang berupa peralatan majelis taqlim,” ucapnya.

Rendi Solihin juga mengatakan kepada pengurus Majelis Taqlim yang belum mendapatkan bantuan perlengkapan untuk segera mengajukan proposal kepada Kesra Setkab Kukar, sehingga dapat merealisasikan di tahun 2024 mendatang.

“Harap saya semoga bantuan yang kita berikan ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk memberikan fasilitas keagamaan, pemkab kukar selalu berusaha merealisasikan kukar berkah dan aspirasi dari masyarakat sehingga visi-misi kukar idaman dapat berkomitmen dengan baik,” tutup Rendi.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com