Sambut HUT Korpri ke-52, 10 Cabor Dilombakan Termasuk Senam Korpri

DISPORA KALTIM – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023 sekaligus menyambut HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) ke-67 tahun 2024, Dewan Pengurus (DP) Korpri Provinsi Kaltim menggelar beragam kegiatan. Salah satunya melombakan 10 cabang olahraga.

“Sebanyak 10 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah tenis lapangan, gate ball, tenis meja, futsal, senam, bola voli, catur, basket, bulu tangkis dan biliar,” kata Sekretaris Provinsi Kaltim (Prov. Kaltim) Sri Wahyuni ditemui di halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada, Samarinda, Jumat (01/12/2023).

Sri Wahyuni yang juga Ketua Panitia Perlombaan Olahraga Peringatan HUT ke- 52 Korpri Kaltim ini melanjutkan, kriteria peserta yang boleh mengikuti ajang ini adalah anggota Korpri yang terdiri atas Aparat Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan non-ASN.

Berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal di lingkungan Pemprov Kaltim. Namun katanya, peserta harus didaftarkan oleh instansi tempat kerja dan ditandatangani oleh pimpinan.

Didampingi Sekretaris Lomba HUT Korpri Kaltim Deni Sutrisno, Sri Wahyuni melanjutkan, terdapat dua OPD yang siap menjadi venue perlombaan tersebut, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kaltim siap menjadi tempat pertandingan dua cabang olahraga, yakni tenis lapangan dan gate ball.

Kemudian Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menampung delapan cabang olahraga (cabor) yakni tenis meja, futsal, senam, bola voli, catur, basket, bulu tangkis, dan biliar, termasuk catur dan tenis meja yang dilaksanakan di Wisma Asrama Atlet.

Ia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini antara lain sebagai sarana untuk silaturahmi bagi para pegawai di Prov. Kaltim, untuk menyehatkan pegawai baik ASN maupun non-ASN, kemudian sebagai bentuk penghargaan bagi pegawai di HUT Korpri ini.

Salah satu lomba yang digelar di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kaltim di Komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Minggu (03/12/2023) adalah lomba Senam Korpri beregu lintas unit Korpri Kaltim.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Kaltim bersama Dispora Kaltim ini diawali dengan babak penyisihan. Di mana masing-masing regu tampil menunjukkan kekompakan dan harmonisasi gerak dengan musik yang mengiringinya.

Unit Korpri Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam yang tampil kompak dan seragam keluar sebagai tim Senam Korpri beregu terbaik.

Saat ditanya awak media perihal persiapan lomba Senam Korpri ini, Ketua Regu Tim Senam Korpri Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam Laurensia mengungkapkan, bahwa timnya hanya mempunyai waktu beberapa hari persiapan saja, untuk dapat ikut berpartisipasi mengikuti lomba senam, dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-52 ini.

Laurensia juga mengakui, persiapan timnya mengikuti Lomba Senam Korpri Beregu belum maksimal. Namun dia optimis, timnya mempunyai semangat serta memiliki jiwa sportivitas yang tinggi.

Sementara Kepala Seksi Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Dispora Kaltim Thomas Alfa Edison mengakui bahwa masih banyak pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim yang belum mengetahui tentang Senam Korpri ini.

“Memang masih banyak pegawai kita yang belum mengetahui tentang Senam Korpri ini,” ujarnya. Karena itu, pihaknya berjanji akan lebih sering mensosialisasikan Senam Korpri ke dinas dan instansi di lingkup Pemprov Kaltim.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Lomba Cabang Olahraga Senam Korpri Tresia Eka Wahyuni. Dia mengatakan, walaupun lomba Senam Korpri tersebut berjalan lancar namun hal ini juga menjadi evaluasi bagi Dispora Kaltim agar Senam Korpri bisa lebih sering disosialisasikan. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com