Galang Semangat Kolaborasi, Dispora Kaltim Gelar Raker Kepemudaan

DISPORA KALTIM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menggelar Rapat Kerja (Raker) Kepemudaan Prov. Kaltim 2023, yang berlangsung di Hotel Aston Samarinda, dari tanggal 4 sampai 6 Desember 2023.

Hadir digiat ini adalah perwakilan Dispora kabupaten/kota Se-Kaltim, organisasi keolahragaan tingkat Kaltim, organisasi keolahragaan yang terekomendasi Dispora kabupaten/kota, Forum Komunikasi Pemuda Kaltim yang merupakan wadah berkumpulnya pemuda, organisasi perangkat daerah terkait, dan senior majelis kepemudaan Kaltim.

Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan menggalang semangat kolaborasi dan implementasi koordinasi lintas sektor sesuai dengan Perpres nomor 43 Tahun 2023 tentang lintas koordinasi penyelenggaraan pelayanan kepemudaan.

AHK menekankan pentingnya kolaborasi yang sejalan dengan semangat visi, misi, dan peran strategis pemuda dalam mempercepat pembangunan negeri. Dalam konteks ini, AHK mengatakan bahwa pemuda perlu memiliki visi, misi, dan peran strategis yang jelas, didukung oleh strategi dan perencanaan yang matang serta berkesinambungan.

“Salah satu strategi yang ditekankan adalah tolong-menolong lintas generasi dan gotong-royong lintas sektor, mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan,” ungkap AHK dalam pembukaan Raker Kepemudaan Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Senin (04/12/2023).

Ia juga memberikan imbauan kepada semua  pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan dan dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis (stakeholder), termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot), lembaga, organisasi kepemudaan, komunitas, serta elemen lainnya, untuk membangun semangat kerjasama dan kolaborasi.

AHK menyoroti pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menghadapi tantangan era digital, dengan terus belajar dan meningkatkan kapasitas serta kompetensi diri.

“Semoga kinerja dan pengabdian ini dapat ditingkatkan untuk kemajuan dan kejayaan pemuda Kaltim, kini dan masa akan datang. Mari kita jaga kondusifitas daerah Se-Kaltim sebagai jaminan keberlangsungan pembangunan, termasuk dalam rangka sukses pesta demokrasi pemilu serentak,” tambahnya.

Menurut dia, Raker Kepemudaan Se-Kaltim diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), menciptakan pemuda yang berdaya saing, dan berperan aktif dalam pembangunan daerah serta kemajuan bangsa Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan salah satu strategi dalam upaya meningkatkan IPP di Kaltim, guna mendukung target IPP Nasional pada 2024 sebesar 57,67,” katanya.

AHK juga mengatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) memberi apresiasi tinggi terhadap komitmen konsisten kepada Pemprov Kaltim dalam melakukan upaya sistematis dan berkelanjutan terhadap pembinaan pemuda, mulai dari kepemimpinan, kepeloporan, hingga kewirausahaan untuk kaum muda.

Raker ini lanjut dia, juga menjadi sebagai momentum bagi organisasi kepemudaan untuk menuangkan ide memajukan daerah menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN), sekaligus mempererat silaturahmi antara senior dan junior.

“Kegiatan ini juga sebagai momentum untuk menyongsong pindahnya Ibu Kota Nusantara, sehingga ketika tahun depan IKN mulai pindah ke Kaltim, maka para pemudanya sudah siap dengan berbagai sumber daya yang dimiliki,” katanya.

Dalam Raker Kepemudaan Kaltim 2023 yang dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim itu, AHK juga sempat menyinggung dualisme yang ada di dalam tubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalimantan Timur.

“Seharusnya KNPI Kaltim bisa menyatu, tanpa adanya perbedaan. Karena KNPI ada untuk melahirkan serta mewujudkan tokoh-tokoh lokal yang berpengaruh. Hal ini merupakan keinginan bersama, namun mengapa harus berbeda,” jelasnya.

AHK kemudian membeberkan, bahwa di Balikpapan sebelumnya ada empat kubu KNPI, tapi kini sudah menyatu. Karena itu dia juga berharap, dengan adanya Raker Kepemudaan Kaltim ini, KNPI yang terpecah bisa kembali bersatu demi kemajuan pemuda Kaltim.

Rapat Kerja Kepemudaan Kaltim 2023 terdiri dari beberapa kegiatan. Mulai dari diskusi pemuda lintas sektoral, pemberian penghargaan Anugerah Pemuda Kaltim 2023 hingga diharapkan dapat dilaksanakan deklarasi berdasarkan kesepakatan bersama untuk bersatunya KNPI Kaltim.

Di akhir sambutan, Kepala Dispora Kaltim AHK didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman menekan tombol simulasi di layar, untuk secara resmi membuka Rapat Kerja Kepemudaan Prov. Kaltim tahun 2023. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com