Rasman Ajak Pemuda Teladani para Senior yang Telah Berkiprah di Organisasi Kepemudaan

DISPORA KALTIM – Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim) Rasman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pemuda-pemudi yang telah ikut berpartisipasi dan berhasil mendapat penghargaan di Malam Anugerah Pemuda Kaltim 2023.

Kegiatan yang digelar di Ballroom Hotel Aston Jalan P Hidayatullah Samarinda, Selasa (05/12/2023) malam itu menjadi rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kepemudaan Prov. Kaltim tahun 2023.

Menurut Rasman, apa yang diraih para pemuda pada Malam Anugerah Pemuda Kaltim 2023 merupakan langkah awal bagi para pemuda, khususnya mereka yang hadir di acara tersebut, untuk bisa mengiuti jejak-jejak para pendahulunya.

Dia mencontohkan di bidang organisasi pemuda ada nama Muhammad Amir P Ali. Tokoh yang pernah malang melintang di dunia organisasi kepemudaan ini pernah dua kali menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Prov. Kaltim.

“Beliau juga merupakan tokoh yang telah banyak mencetak pemimpin-pemimpin muda yang tangguh, sejak dulu hingga saat ini,” ujar Rasman ditemui beritaborneo.com usai acara Malam Anugerah Pemuda Kaltim 2023 di Hotel Aston Samarinda, Selasa (05/12/2023).

Begitu pula dengan Profesor Masjaya lanjut Rasman. Sosok yang pernah menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Kota Samarinda ini merupakan tokoh pemuda yang aktif di bidang pendidikan. Masjaya juga dikenal sebagai Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda selama dua periode.

Hal itu pula yang membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Dispora Kaltim memberikan penghargaan khusus kepada kedua tokoh ini karena dedikasinya sepanjang hidup di organisasi kepemudaan. Keduanya kata Rasman, juga merupakan tokoh yang mencetak banyak pemimpin-pemimpin muda yang tangguh sejak dulu hingga saat ini.

“Kedua tokoh ini bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik pemuda zaman sekarang, bagaimana keduanya mendedikasikan hidupnya di organisasi kepemudaan dan ikut berperan melahirkan pemimpin-pemimpin daerah di era sekarang,” papar Rasman.

Dia juga mengapresiasi kepada organisasi kepemudaan yang telah mendapatkan penghargaan, dalam kategori Organisasi Pemuda Berprestasi Prov. Kaltim 2023. Organisasi pemuda tersebut adalah Pimpinan Wilayah (PW) Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Kaltim, Forum Milenial Nusantara dan PW Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Prov. Kaltim.

Ketiga organisasi tersebut dikenal karena memiliki basis yang kuat, massa yang banyak, serta telah mempersiapkan kegiatan dan program-program yang akan dijalankan pada tahun 2024 mendatang.

“Penilaian untuk kategori organisasi pemuda berprestasi ini salah satunya, dinilai dari banyaknya anggota yang dikader, memiliki jaringan di kabupaten/kota, bahkan sampai ke kecamatan hingga ranting, serta mempunyai jadwal aktivitas yang terstruktur serta terorganisir,” jelasnya.

Pada bagian akhir Rasman mengucapkan selamat kepada para pemuda yang meraih penghargaan pada empat katagori yang telah ditetapkan. Mereka adalah Muhammad Fauzan Amrillah asal Kota Samarinda, Annisah Khoifathul Muslima asal Kota Bontang dan Khairul Qamar asal Kota Bontang untuk kategori Pemuda Anti Narkoba.

Kemudian Alvionita Budiari dan Putri Askian asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) serta Grace Ula asal Kota Samarinda untuk kategori Pemuda Kesadaran Bela Negara. Lalu Selo Putra Bahari asal Kabupaten Kutai Kartanegara, Aulia Furqon dan Chandika Arysona asal Kota Samarinda untuk kategori Pemuda Karang Taruna.

Serta Putri Anju Aini asal Kabupaten Kutai Timur, Mohammad Fikran H asal Kota Samarinda dan Nur Alisah asal Kabupaten Kutai Kartanegara untuk kategori Konten Kreator Pemuda Anti Hoaks.

“Dengan penghargaan ini, kita ajak para pemuda untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan pemuda, khususnya yang ada di Kalimantan Timur,” pungkas Rasman. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com