Dispora Kaltim Inisiasi Deklarasi KNPI Kembali Bersatu

DISPORA KALTIM – Ratusan pemuda di Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim) berkumpul di Hotel Aston, Jalan P Hidayatullah, Samarinda, Rabu (06/12/2023). Diinisiasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov Kaltim, mereka menandatangani deklarasi agar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Prov. Kaltim dapat bersatu kembali.

Penandatanganan deklarasi ini, guna menyatukan perpecahan yang berada di dalam organisasi kepemudaan KNPI Kaltim, di tahun 2024 mendatang.

Deklarasi tersebut merupakan kesepakatan bersama Dispora Kaltim, Dispora kabupaten/kota Se-Kaltim, para senior di Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Prov. Kaltim, KNPI Kaltim, Forum Komunikasi Pemuda Kaltim (FKPK) dan perwakilan organisasi kepemudaan di Kaltim.

Penandatanganan deklarasi kesepakatan bersama tersebut dilakukan oleh Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK), Sekretaris Forum Komunikasi Pemuda Kaltim (FKPK) Andri Rifandi dan tokoh pemuda Kaltim yang juga Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Bontang Ahmed Aznem.

Secara umum, KNPI adalah organisasi tempat bersatunya pemuda dari berbagai latar belakang, termasuk yang berasal dari sayap partai politik. KNPI lahir dengan tujuan utama sebagai wadah persatuan dan kesatuan pemuda, yang bertekad memelihara persatuan dan kesatuan nasional demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun belakangan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI terpecah menjadi empat organisasi serupa dan masing-masing mengklaim sebagai yang berhak menyandang nama KNPI. Perpecahan tersebut juga merembet ke daerah, termasuk di Prov. Kaltim.

Padahal dalam kiprahnya di Benua Etam selama ini, KNPI Kaltim telah melahirkan sejumlah nama besar yang kini turut berperan aktif dalam kemajuan daerah ini. Di antara mereka, kita dapat menemukan tokoh-tokoh luar biasa seperti Isran Noor, Gubernur Kaltim periode 2018-2023, yang telah memberikan kontribusi besar dalam memajukan wilayah ini.

Kemudian Rusman Yaqub, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim yang telah bekerja keras dalam legislasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Adapula AHK yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dispora Kaltim.

AHK adalah contoh nyata dari pemuda yang berhasil melalui peran aktifnya di KNPI. Selain itu, ada pula nama Rasman, salah satu tokoh yang berkontribusi besar dalam aktivitas kepemudaan di Kaltim. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim.

Melihat prestasi dan dampak positif yang telah dihasilkan oleh KNPI Kaltim, masyarakat berharap peran KNPI untuk terus menginspirasi dan membimbing pemuda-pemuda berbakat di wilayah Kaltim serta menghasilkan pemimpin di masa depan. Karena itu, dukungan agar KNPI dapat bersatu lagi kerap disuarakan masyarakat.

Penanda-tanganan deklarasi kesepakatan bersama penyatuan kembali KNPI Kaltim yang dilaksanakan di akhir kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kepemudaan Kaltim 2023 pun mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Kepala Dispora Kaltim AHK usai penandatanganan deklarasi berharap di tahun 2024 mendatang, KNPI Kaltim harus sudah bersatu.

“Maka dari itu, di malam anugerah pemuda pada kegiatan rapat kerja pemuda ini, sekaligus di dalamnya juga hadir para senior-senior untuk merapatkan barisan, agar dapat menguatkan sebuah sistem organisasi kepemudaan, yaitu Komite Nasional Pemuda Indonesia,” kata Agus yang akrab disapa AHK ini.

Sejatinya menurut AHK, pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis guna pembangunan negeri lebih cepat. Tentunya dengan strategi serta perencanaan yang matang dan terus menerus, salah satunya dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

“Untuk itu, semua  pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan dan dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis (stakeholder) dalam lingkup pemerintah di Kaltim, pemkot, lembaga, organisasi kepemudaan, komunitas, dan elemen lain untuk membangun semangat kerja sama serta kolaborasi,” katanya lagi. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com