Sosbang di Bandara, Nidya Listiyono Tekankan Konsensus Kebangsaan

PARLEMENTARIA KALTIM – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Nidya Listiyono, Minggu (10/12/2023), kembali turun ke masyarakat. Dalam kesempatan itu, dia menggelar Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di hadapan puluhan warga Kelurahan Bandara, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda.

Dalam sosbang itu, Nidya Listiyono memaparkan konsensus empat pilar kebangsaan,  yakni adalah Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bineka Tunggal Ika. Ia menyebut keempat konsensus kebangsaan itu wajib dikenalkan kepada generasi penerus bangsa.

Saat menjadi narasumber dalam sosbang yang digelar di bekas bandara Temindung itu, anggota Fraksi Partai Partai Golongan Karya (Golkar) dari daerah pemilihan Kota Samarinda ini berharap, ke depannya dapat menambah pengetahuan tentang Wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat di Kaltim dan bekerja sesuai bidang masing-masing dengan baik dan benar.

“Dengan sosialisasi wawasan kebangsaan ini, berharap warga Kaltim menjaga persatuan dan kesatuan tapi hari ini kita berjuang dengan profesi kita masing-masing dengan menjalankan dengan baik,” kata pria kelahiran Madiun, 29 September 1980 ini.

Selain itu, Nidya Listiyono, mengatakan bahwa kegiatan itu juga bertujuan untuk menanamkan pemikiran rasa cinta akan tanah air, dan menguatkan ideologi bangsa Indonesia. “Bertujuan menumbuh kembangkan cinta kita pada NKRI, Bineka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD 1945, serta menjaga sopan santun ciri bangsa dari timur,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya melakukan sosbang ini menjadi salah satu upaya DPRD Kaltim mempertegas wawasan empat konsensus kebangsaan hingga ke pelosok tanah air dengan arus teknologi yang semakin canggih dan mengancam nilai kebangsaan.

“Wawasan Kebangsaan ini sangat penting untuk kita sosialisasikan, sebab suatu hal yang perlu diketahui masyarakat luas hingga ke Desa dan Rukun Tetangga  di seluruh Indonesia, apalagi era teknologi sekarang banyak tantangan yang memberikan dampak negatif terhadap pelemahan nilai kebangsaan,” jelas Nidya Listiyono.

Dalam sosbang kali ini, Nidya Listiyono didampingi seorang narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Fatimah Waty dan dihadiri puluhan warga Kelurahan Bandara, terdiri dari tokoh pemuda, dan para pemuda. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com