Audisi Duta Olahraga Kaltim 2023, Menambah Wawasan Peserta

DISPORA KALTIM – Dalam upaya membangun generasi unggul dan berkarakter di Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kaltim pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023.

Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan pemilihan pemuda terbaik ini bagian dari amanat pemerintah provinsi (Pemprov) dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di daerah,

“Kami menekankan ancaman narkoba sebagai musuh utama bangsa ini dan mengajak generasi muda untuk menjadi pioner utama memberantas peredaran narkoba tersebut,” kata dia.

Untuk menjaring para peserta pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023, Dispora Kaltim melalui Bidang Pembudayaan Olahraga menggelar audisi Duta Olahraga Kaltim di Aula Kantor Dispora Kaltim, Kompleks Gelanggang Olahraga (Gor) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Senin (11/12/2023).

Kepala Bidang Pembudayaan dan Olahraga, A.A. Bagus Surya Saputra Sugiarta mengatakan, jika kegiatan tersebut merupakan implementasi dari upaya peningkatan semangat berolahraga masyarakat Kaltim.

Tak hanya itu, hal ini juga bertujuan untuk menyeleksi putra-putri terbaik Kaltim dari seluruh kabupaten/kota. “Intinya ya menanamkan pemahaman terkait keolahragaan, nanti akan ada pembahasan terkait langkah konkretnya,” ucap Bagus.

Terkait dengan syarat yang akan dilalui, Bagus membeberkan diantaranya ialah tahapan seleksi, regulasi, wawancara serta tes wawancara. “Harus paham terkait wawasan umum maupun olahraga, tinggi badan, postur tubuh, hingga bakat. Terpenting harus atlet, tidak perlu pernah menang atau tidaknya,” katanya lagi.

Audisi Duta Olahraga Kaltim 2023 digelar sejak pagi hingga sore hari. Kegiatan diawali dengan tes fisik, dilanjutkan tes wawancara, serta tes uji bakat. Ketiga tes ini dinilai oleh tiga orang dewan juri.

Ketiga dewan juri masing-masing berasal dari Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan akademisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Kaltim.

Salah seorang dewan juri dari Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim adalah Thomas Alfa Edison yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Olahraga Tradisional Dispora Kaltim. Dia diserahi tanggung jawab untuk menilai wawasan umum para peserta calon Duta Olahraga Kaltim 2023.

Penilaian Thomas selaku dewan juri spesialis di bidang wawasan umum peserta audisi meliputi wawasan tentang nusantara, wawasan berkebangsaan, serta wawasan para peserta mengenai hubungan cabang olahraga yang digeluti para peserta audisi Duta Olahraga Kaltim 2023 dengan kehidupan sehari-hari, dalam pergaulan yang bertoleransi.

“Tujuan penilaian wawasan pada audisi Duta Olahraga Kaltim2023 ini, salah satunya adalah, untuk menjadikan para peserta audisi menjadi masyarakat yang peduli, serta mewujudkan para peserta audisi duta olahraga menjadi pribadi yang cinta terhadap tanah air, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Thomas.

Dia menjelaskan, pengetahuan terkait wawasan umum yang menjadi pertanyaan pada tes wawancara tersebut adalah untuk memotivasi peserta agar lebih memahami segala bentuk perbedaan yang ada di Negara Republik Indonesia.

“Dengan segala perbedaan yang ada di negeri ini, kami mengajak para peserta audisi Duta Olahraga Kaltim 2023 untuk menyadari, bahwa kita tetap satu, yaitu NKRI,” imbuh Thomas.

Selain itu lanjut Thomas, dengan memberikan pengetahuan tentang wawasan umum kepada para peserta audisi maka mereka akan mendapatkan ilmu baru. Sehingga para peserta menyadari, segala bentuk keanekaragaman yang ada di negeri ini, juga merupakan bagian dari diri para peserta audisi.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para peserta jelas Thomas lagi, adalah untuk mengeksplorasi cara berpikir para peserta, bagaimana menemukan jawaban yang tepat, serta mencari solusi atas kejadian-kejadian yang mungkin akan terjadi pada kehidupan para peserta audisi ke depannya.

Oleh karena itu, dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar wawasan umum kepada para peserta audisi Duta Olahraga Kaltim 2023 ini, Thomas berkeinginan, untuk memasukkan sebuah ilmu kepada para peserta bahwa untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik, maka para peserta ini diharapkan dapat menemukan solusi terbaik terhadap suatu konflik, yang mungkin akan para peserta audisi ini temukan dalam kehidupannya sehari-hari. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com