Kukar Jadi Pilot Projek GDPK Se-Kaltim

Kutai Kartanegara – Plt Staf Ahli Bidang Pemerintah dan Kesra, Didi Ramyadi membuka kegiatan study tiru penyusunan dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Se-Kalimantan Timur (Kaltim) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Senin (11/12/2023).

Didi Ramyadi atau disapa Didi menyampaikan, agenda study tiru tersebut dilakukan Dinas P3AP2KB Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dan Dinas Kesehatan (Dinkes), P2KB Kabupaten Mahakan Ulu dalam bertukar pendapat dan gagasan untuk mempersiapkan dokumen GDPK sebagaimana yang menjadi amanat UU Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan Perpres nomor 153 tahun 2014 tentang GDPK.

“Study tiru hari ini dari Dinas P3AP2KB Kabupaten PPU dan Dinkes P2KB Kabupaten Mahakam Ulu terkait GDPK,” ucap Didi.

Didi menambahkan, study tiru tersebut dilakukan atas rekomendasi Kementrian Kependudukan Pusat. Sebelumnya Kabupaten Kukar telah lebih dahulu membuat GDPK.

Didi juga menyampaikan, dengan adanya study tiru tersebut dapat memberikan gambaran kepada Kabupaten tersebut dalam menyusun GDPK yang baik serta akan langsung dibimbing Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) sebagai salah satu penyusunan GDPK di Kukar.

“Harapannya study tiru ini bisa memberi gambaran dalam penyusunan GDPK sebagaimana Kukar ditunjuk sebagai pilot projek di Kaltim oleh Kementrian kependudukan Pusat,” tutup Didi.

Dan untuk diketahui, untuk wilayah Kaltim dari 10 Kabupaten/Kota baru Kukar dan Kota Balikpapan yang memiliki Grand Desain, namun dari arahan pusat setiap daerah diarahkan untuk mempelajari di Kukar dengan konsep pembangunan SDM menuju Ibukota Nusantara (IKN). []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com