Pj Gubernur Kaltim Kagumi Potensi Desa Enggelam

KUTAI KARTANEGARA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar). Salah satu desa yang menjadi sasaran kunjungan adalah Desa Enggelam Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kukar.

Desa dengan jumlah penduduk 700 jiwa dengan 174 kepala keluarga (KK) ini memiliki potensi ekonomi utama hasil olahan ikan air tawar seperti antara lain yang diolah menjadi ikan asin. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ikan asin olahan menjadi andalan.

Meski berada di pelosok, desa ini merupakan desa wisata berprestasi. Beberapa kali berhasil meraih juara lomba gapura tingkat nasional.

“Sangat indah dan menakjubkan. Di pintu masuk desa dibuat gapura dan pagar ulin raksasa. Ternyata selain sebagai pintu gerbang bagi yang akan masuk ke desa ini juga berfungsi sebagai benteng pelindung saat angin dan hujan badai,” kata Akmal Malik saat mengagumi Gapura Desa Enggelam, Kamis (14/12/2023).

Tidak hanya sampai situ saja kekaguman Akmal, selanjutnya dia juga mendengar bahwa desa ini tercatat sebagai desa percontohan (role model) pengelolaan listrik tenaga surya secara mandiri.

“Desa ini ternyata sukses mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara komunal melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ujarnya.

Akmal Malik juga berharap agar PLTS yang ada ini dapat dikelola, dijaga dan diatur serta dikembangkan dengan baik sehingga dapat berfungsi lama dalam memberikan layanan kebutuhan listrik masyarakat.

“Pemerintah desa dapat membina anak anak muda untuk membentuk komunitas pengerak pariwisata sehingga dapat mengenalkan potensi desa, adat budaya kebiasaan hidup sehari hari masyarakat seperti kegiatan perikanan dan usaha ekonomi desa lainnya,” pesan Akmal.

Seperti potensi Desa Muara Enggelam dalam mengelola listrik desa dengan menggunakan PLTS yang mampu menopang kehidupan perekonomian warga desa terpencil di atas air ini.

“Ini terbaik loh di Indonesia. Orang banyak tidak tahu mana sih tatakelola PLTS terbaik di Indonesia. Ternyata ada di Desa Muara Enggelam Kutai Kertanegara. Dan itu orang tidak tahu” lanjutnya.

Karenanya Akmal sangat yakin kehadiran paket wisata komunitas dari kalangan pemuda desa akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke desa ditambah lagi dengan keindahan dan keunikan alamnya.

“Jadi bagi anda warga Indonesia yang ingin mengetahui dan belajar tentang bagaimana mengelola energi surya terbaik di Indonesia silahkan datang ke sini, Desa Muara enggelam Kabupaten Kukar” imbuh Akmal Malik sambil mempromosikan potensi wisata Desa Muara Enggelam.

Dalam kesempatan itu juga Akmal Malik mencoba bermain paddling di danau sekitar desa itu. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com