Hamas : Tim Pokir dan Tim Renja Disahkan Lebih Awal

PARLEMENTARIA KALTIM – KETUA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas’ud mengatakan Tim Pokok Pikiran (Pokir) dan Tim Rencana Kerja (Renja) tahun 2025 bakal disahkan lebih awal. Tujuannya agar semua pokok-pokok pikiran anggota dewan dapat ditampung seluruhnya.

Hal itu disampaikan wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Balikpapan Hasanuddin Mas’ud usai memimpin Rapat Paripurna ke-1 DPRD Provinsi Kaltim masa sidang I tahun 2024 di Gedung D lantai 6, Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Selasa (02/01/2023).

“Ada penetapan keputusan pembentukan tim untuk aspirasi supaya konek dengan esekutif. Terus ada tim untuk Renja 2025. Jadi mulai awal tahun sudah kita susun, sehingga tidak ada lagi pokir atau aspirasi yang tidak masuk,” ujar politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Dilanjutkan Hamas -sapaan akrabnya, kedua tim yang masing-masing beranggotakan dua puluh anggota dewan dari lintas komisi di DPRD Kaltim ini diberikan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jika waktunya tidak cukup, maka dapat diberikan perpanjangan tiga bulan lagi.

“Masa kerjanya tiga bulan, kalau perlu diperpanjang tiga bulan lagi. Bisanya hanya kita perpanjang sampai dua kali, kalau selesai dalam satu kali atau tiga bulan pertama, tidak kita perpanjang,” kata Hamas.

Selanjutnya dia menjelaskan, alasan pihaknya membuat tim pokir ini karena belum tentu semua anggota DPRD Kaltim memahami mengenai tata cara atau pelaksanaan penginputan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Karena itu, dibentuklah tim pokir agar aspirasi anggota dewan dapat ditampung semua.

“Tim ini kita bentuk supaya semua aspirasi terakomodir dari enam dapil. Karena kadang-kadang tidak semua masuk dan masa waktunya yang tidak cukup, sehingga terlambat atau ada syarat yang tidak masuk sehingga tidak bisa di input dalam Sistem Informasi Pembangunan daerah makanya kita buat tim supaya itu semua bisa masuk,” tuturnya.

Diketahui, DPRD Kaltim menggelar Rapat Paripurna Ke-1 dipimpin Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, Seno Aji dan Sigit Wibowo, serta turut mendampingi Sekretaris DPRD Kaltim Norhayati Usman.

Adapun Ketua dan Wakil Ketua Tim Penyusun Pokir DPRD Kaltim yang telah disahkan yakni Rusman Yaq’ub dan Harun Al Rasyid. Sedangkan Ketua dan Wakil Ketua Tim Renja DPRD Kaltim 2025 yakni Bagus Susatyo dan Puji Setyowati. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com