Rusdiansyah: 15 Januari 2024 Batas Akhir Pendaftaran DPTb katagori H-30

SAMARINDA – KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rusdiansyah mengatakan bahwa batas terakhir pendaftaran untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) katagori H-30 bagi pekerja atau masyarakat yang berasal dari luar Kaltim akan berakhir pada tanggal 15 Januari 2024.

Untuk diketahui, DPTb merupakan katagori pemilih dengan syarat bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap ditempat lain, mengungsi atau tertimpa bencana, menjadi tahanan, menjalani rehabilitasi narkoba, bekerja di luar domisili, penyandang disabilitas, sedang menjalani rehabilitasi, menjalani pertukaran mahasiswa, dan pindah domisili,

Hal tersebut disampaikan Rusdiansyah usai memimpin rapat rekapitulasi menjelang penutupan DPTb katagori H-30 untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 bersama KPU kabupaten/kota se-Kaltim di Aula KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Jumat (12/01/2024).

Kegiatan tersebut dibuka dan dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Kaltim Rusdiansyah didampingi Divisi Perencanaan Data dan Informasi Iffa Rosita, Divisi Hukum dan Pengawasan Fahmi Idris, dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Suardi, serta Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Mukhasan Ajib.

“DPTb katagori H-30 merupakan waktu mendaftar bagi pemilih yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun masih memiliki hak pilih dalam Pemilu dan batasnya sampai tanggal 15 Januari 2024,” ujar Rusdiansyah.

Dia menegaskan bahwa batas akhir pendaftaran DPTb katagori H-30 telah ada dalam agenda atau tahapan Pemilu 2024 yang telah disusun oleh KPU Republik Indonesia (RI) dan tidak dapat dirubah serta KPU Kaltim hanya sebagai pelaksana di daerah.

“Kebijakan ini merupakan regulasi dari KPU RI dan KPU Kaltim hanya bertugas sebagai pelaksana, jadwal sudah final dan tidak dapat diubah,” tutupnya. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com