Langkah DPKH Kaltim Bangun Generasi Sehat dan Energik

SAMARINDA – AGENDA tematik yang diangkat oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kalimantan Timur dalam gelaran Pesta Rakyat Kaltim (PRK) Tahun 2024 adalah gerakan memasyarakatkan makan telur, makan daging dan minum susu.

“Gerakan makan telur, makan daging dan minum susu ini dilaksanakan sebagai upaya menciptakan generasi muda yang sehat dan energik dalam rangka mendukung pembangunan Kaltim dari sisi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,” ungkap Kepala DPKH Kaltim Fahmi Himawan dari arena PRK halaman parkir Gelanggang Olah Raga (GOR) Kadrie Oening Jalan Wahid Hasjim 1 Sempaja Samarinda, Jum’at (12/1/2024).

Menurut dia, generasi sehat dan cerdas itu penting untuk memastikan pembangunan berkelanjutan. Sehat bukan hanya fisik tapi juga mental dan kerohanian. Untuk itu diperlukan asupan gizi dan nutrisi yang cukup.

Dia menjelaskan bahwa kebutuhan pangan dan gizi yang sehat dan berkualitas salah satunya berasal dari produk pangan asal ternak. Terutama protein hewani yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi dan juga asam lemak omega 3. Protein hewani dapat diperoleh dari daging merah yang berasal dari kambing, sapi, kerbau dan domba serta daging putih yang berasal dari ayam juga ikan.

Gerakan makan telur, makan daging dan minum susu dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan siswa Taman Kanak Kanak (TK) Unggul Barata Samarinda dan Sekolah Dasar (SD) 012 Samarinda. Para siswa tersebut melakukan gerakan makan telur, makan daging dan minum susu yang menjadi simbol pengahan stunting. Setiap gigitan daging atau telur dan tegukan susu adalah langkah besar melawan masalah pertumbuhan anak. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com