Hadapi Bencana Alam, DPRD Samarinda Minta BPBD Realisasikan Toilet Portabel

PARLEMENTARIA SAMARINDA – KETUA Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Angkasa Jaya Djoerani mendesak agar program toilet portabel yang telah direncanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda segera direalisasikan.

Dalam pandangan Angkasa, toilet portabel dianggap sebagai fasilitas penting, terutama dalam menghadapi bencana alam.

Dia mengungkapkan, dalam pengusulan program ini, BPBD telah berkoordinasi dengan DPRD pada tahun 2023 dan merencanakan pengadaannya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

“Kami sudah usulkan ke Pemkot (Pemerintah Kota) dengan pengadaan toilet portabel karena itu sangat penting kalau ada bencana,” ungkap Angkasa Jaya Djoerani kepada awak media usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama BPBD Kota Samarinda, di ruang rapat paripurna, Kantor DPRD Kota Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Selasa (16/01/2024).

Sementara Kepala BPBD Samarinda Suwarso mengakui, kebutuhan mendesak akan toilet portabel dan menerima saran dari DPRD Samarinda. Dia juga menyambut baik rekomendasi yang dijanjikan oleh Angkasa Jaya Djoerani dan berharap agar Komisi III dapat membantu memastikan kebutuhan BPBD dapat terpenuhi.

“Beliau (Angkasa) bakal membuat rekomendasi supaya kebutuhan yang belum terpenuhi di BPBD bisa dibantu rekomendasi dari Komisi III,” terang Suwarso.

Pengadaan fasilitas penanggulangan bencana seperti toilet portabel menjadi bagian dari upaya yang lebih luas untuk memperkuat kesiapsiagaan dan respons terhadap situasi darurat di Kota Samarinda.

“Sebelumnya, Komisi III juga telah membantu BPBD dalam pengadaan berbagai sarana dan prasarana penanggulangan bencana, termasuk ambulans, armada rescue, dapur umum, dan mobil edukasi penanggulangan bencana,” pungkasnya. []

ADV/Redaksi 02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com