Relokasi Pasar Tangga Arung, DLHK Siapkan Strategi Penanganan Sampah

KUTAI KARTANEGARA – DINAS Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mempersiapkan rencana terkait pengelolaan sampah di Lapangan Pemuda sebagai relokasi dari Pasar Tangga Arung.

Demikian disampaikan Kepala Bidang II Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar Irawan ketika ditemui beritaborneo.com di kantornya, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Tenggarong, Jumat (19/01/2024).

“Dalam mind plan yang diberikan, memang sudah ada titik-titik penempatan kontainer sebagai rencana sarana pembuangan sampah di relokasi Pasar Tangga Arung ini. Jadi kami pasti akan mengantisipasi proses penanganan sampah nantinya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, relokasi ini dilakukan untuk mempercepat proses revitalisasi Pasar Tangga Arung. Sisa pedagang yang masih aktif di Pasar Tangga Arung akan dipindahkan ke wilayah relokasi Lapangan Pemuda. Sebagaimana disebutkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Wiyono, bahwa relokasi ini akan membantu percepatan revitalisasi pasar semi modern Tangga Arung yang akan memasuki tahap selanjutnya.

Irawan juga mengatakan, dengan adanya relokasi pasar ini pasti tak terpisahkan dari adanya produksi sampah. Sampah yang dihasilkan setiap harinya dari aktivitas pasar tentu memerlukan sistem penanganan yang tepat. DLHK Kukar tegas dia, siap untuk menyediakan sistem, baik itu diminta atau tidak diminta, sebab itu memang bagian dari DLHK Kukar.

“Entah kontainer atau arm-roll, kami akan sediakan menyesuaikan dengan kondisi pasar nantinya. Karena sekarang masih kita rancang dan antisipasi terlebih dahulu,” tutupnya.[]

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com