DLHK Kukar Hadirkan Armada Pengangkut Sampah Baru

KUTAI KARTANEGARA – ARMADA pengangkutan sampah merupakan komponen terpenting untuk mengoptimalkan sistem pengelolaan sampah. Begitu halnya di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara, kendaraan pengangkut sampah yang beroperasi setiap hari kemudian dilakukan evaluasi.

Pengadaan unit-unit kendaraan baru ini didasari evaluasi pada kendaraan yang telah ada sebelumnya. Hasil evaluasi itu menyatakan bahwa terdapat beberapa kendaraan pengangkut yang sudah tak layak.

“Armada pengangkutan eksisting sebelumnya hanyalah dump truck, namun pada akhir tahun 2023 lalu, telah dihadirkan tambahan armada pengangkut sampah seperti compactor, arm roll, dan sweeper yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ungkap Kepala Bidang (Kabid) II Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar Irawan di ruang kerjanya di Kantor DLHK Kukar, Jalan KH Ahmad Dahlan, Tenggarong, Jumat (19/01/2023).

Adapun jumlah kendaraan yang dihadirkan dalam rangka peremajaan armada pengangkut, yakni lima unit dump truck, satu unit sweeper, empat unit arm roll, dan lima unit compactor. Untuk rute pengoperasian sweeper dan arm roll masih belum selesai dikonsepkan, namun akan diutamakan pada jalur protokol.

Mengingat bahwa Kecamatan Tenggarong saat ini masih berada pada masa transisi pengangkutan yang sebelumnya hanya menggunakan kendaraan konvensional (dump truck), sehingga kini dihadirkan alat-alat yang lebih canggih untuk mendukung transisi tersebut. []

Penulis : Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com