Reading Day, Kolaborasi Antara Penerbit dan Perpustakaan SD Muhammadiyah Tenggarong

KUTAI KARTANEGARA – PERPUSTAKAAN Ar-Rasyiid SD Muhammadiyah Tenggarong terus melakukan pembenahan dan pengembangan guna meningkatkan minat literasi dari para siswa.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Perpustakaan SD Muhammadiyah Tenggarong, Siti Aminah saat ditemui beritaborneo.com di Ruang Perpustakaan Ar-Rasyiid SD Muhammadiyah, Tenggarong, Selasa (30/01/2024).

Perpustakaan yang memuat banyak buku cerita fiksi dan alat permainan edukasi (APE) ini tak lupa juga menggandeng banyak pihak untuk bisa berkontribusi dalam mensukseskan program literasi mereka. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Reading Day.

“Kami kolaborasi dengan Penerbit Erlangga untuk mengadakan Reading Day, satu hari di mana siswa-siswa akan melakukan kegiatan literasi bersama di lapangan sekolah kemudian membacakan hasil literasinya tadi,” jelas Siti -sapaan akrabnya.

Kegiatan Reading Day ini jelas Siti, menyesuaikan dengan kesanggupan penerbit yang dijangkau. Jadi jadwal penyelenggaraannya tidak tentu dalam setahun.

“Kami bersurat ke penerbit, kemudian jika mendapatkan persetujuan, maka bisa langsung diadakan. Tujuannya agar siswa siswi mendapatkan buku-buku dari luar, bukan hanya yang tersedia di perpustakaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa adanya kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca dari siswa siswi sebab kedatangan buku-buku terbaru dari penerbit, sehingga berujung pada peningkatan kepercayaan diri mereka.

Adapun waktu pelaksanaan Reading Day ini mencapai 1 sampai 2 jam. “Tidak sampai satu hari, hanya maksimal 2 jam saja. Proses ini cukup lama karena mengumpulkan siswa siswi nya di lapangan itu hal yang cukup memakan waktu,” kata Siti, menjelaskan alasan perihal waktu pelaksanaan Reading Day.

Selain penerbit memberikan pinjaman buku untuk dibaca, mereka juga bisa memberikan fasilitas lain seperti pendongeng untuk mewarnai suasana literasi.[]

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com