SMKN 1 Tenggarong Miliki Jurusan Perhotelan, Pertama di Kukar

KUTAI KARTANEGARA – SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tenggarong menjadi yang pertama memiliki jurusan perhotelan dari seluruh sekolah kejuruan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala SMK Negeri 1 Tenggarong Triono menyampaikan, saat ini pihak sekolah telah menyediakan tujuh jurusan sesuai dengan minat siswa, yakni Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi, Pemasaran, Perkantoran, Tata boga, dan Perhotelan.

“Bidang perhotelan pertama kali ada di Kukar yang telah berjalan kurang lebih delapan tahun. Saat ini sekitar 200 siswa yang aktif mengambil bidang perhotelan,” tutur Triono saat ditemui beritaborneo.com di SMK Negeri 1 Tenggarong, Selasa (30/01/2024).

Triono tidak mau, pelajar lulusan SMK Negeri 1 Tenggarong ketinggalan dan hanya menjadi penonton saja. Dia ingin, siswa-siswinya kelak berkontribusi di ibu kota baru Indonesia. Direncanakan dalam waktu dekat akan menambah dua jurusan terbaru, yang akan hadir pada 2025 mendatang.

“Kita juga ke depannya akan membuka dua jurusan yaitu tata rias dan travel. Saat ini kami masih koordinasikan dengan dinas pendidikan provinsi, kemungkinan tahun depan bisa kita realisasikan,” ucapnya.

Menurut Triono, penambahan jurusan sebagai upaya menunjang perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). SMK Negeri 1 Tenggarong ingin menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja nantinya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com