Puncak Festival Kota Juang Sanga-sanga Raih Perputaran Capai Rp7,5 Miliar

KUTAI KARTANEGARA – Malam puncak Festival Kota Juang Sanga-sanga, pecah. Puncak Festival Kota Juang Sanga-sanga dimeriahkan dengan penampilan Mr Jono & Joni, Selasa (30/01/2024). Puluhan ribu masyarakat memadati lapangan Kecamatan (Kec.) Sanga-sanga, Kabupaten (Kab.) Kutai Kartanegara (Kukar).

Diketahui, Festival Kota Juang Sanga-sanga digelar sejak, Jumat (26/01/2024), dan berakhir pada, Jumat (02/02/2024) mendatang. Selain konser musik, terdapat banyak kegiatan lainnya, seperti penampilan tari tradisional, expo  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hingga pameran pembangunan.

Turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin, didampingi jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, bersama  Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), serta tokoh masyarakat setempat. Pada kesempatan tersebut, Rendi mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir, bahwa Sanga-sanga merupakan saksi sejarah perjuangan para pahlawan melawan penjajah.

“Jadi, tujuannya untuk mengingatkan kita semua, bahwa di sini Sanga-sanga pernah terjadi pertumpahan darah, perjuangan luar biasa dari pahlawan kita. Tadi kegiatan ini juga diawali dengan mengheningkan cipta,” ucap Rendi dalam sambutannya. Selain untuk mengenang perjuangan dan jasa pahlawan, digelarnya Festival Kota Juang Sanga-sanga, juga untuk meningkat perekonomian masyarakat setempat.

Di mana kita diketahui, Festival Kota Juang juga menyediakan pelaku usaha kreatif dan UMKM untuk menjajakan produk usahanya. “Kita harapkan multiplier effect (efek pengganda, Red), perputaran ekonomi di Kecamatan Sanga-sanga bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Lanjut Rendi menjelaskan, Festival Kota Juang Sanga-sanga menjadi event pembuka Program Kukar Kaya Festival 2024. Setelah Festival Kota Juang Sanga-sanga, selanjutnya akan digelar event dan menyusul di Kec. Samboja. “Dan, akan terus berlanjut sepanjang tahun ini,” imbuh Rendi.

Sementara itu, Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar, Akbar Hamka menambahkan, pelaksanaan Festival Kota Juang Sanga-sanga telah menghasilkan perputaran uang mencapai Rp7,5 Miliar. “Akan terus bertambah hingga hari penutupan nanti,” ucapnya singkat. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com