Hari Pers Nasional 2024, Begini Harapan Jaya

PARLEMENTARIA SAMARINDA – KETUA Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Angkasa Jaya Djoerani mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan mengharapkan pers menjadi terdepan dalam memberikan informasi.

Hal itu disampaikan Jaya, Sapaan akrabnya kepada beritaborneo.com pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-78 dan HPN tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 9 Februari.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional menjadi media nasional yang jaya dan tetap eksis pada tanggung jawabnya,” ujar politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) ini. Jumat (09/02/2024).

Angkasa juga berharap, pers dapat terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab katanya, pers tidak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa yang dapat mempersatukan Indonesia.

Wakil rakyat kelahiran Balikpapan, 06 November 1961 ini mengatakan, setiap orang membutuhkan informasi agar tidak tertinggal dan dapat mengetahui daerah lain atas jasa para insan pers. Karena itu dia mengingatkan, dengan kemajuan perkembangan zaman, pers tidak boleh tertinggal tetap selalu berada di depan sebagai jendela informasi dunia.

“Pers sangat besar perannya dalam mencerdaskan manusia, memberikan informasi, serta sebagai alat pemersatu bangsa. Jadi prinsip ini tidak boleh dilepaskan,” kata pria berkacamata ini.

Di tahun politik ini, lanjut Jaya pers diminta untuk tidak berpihak pada satu golongan atau kelompok tertentu. Menurutnya, pers harus memberikan berita yang sebenarnya, sehingga pengetahuan masyarakat tentang politik bisa langsung diterima dengan baik dan tidak menimbulkan keresahan.

“Pers harus menjaga netralitas, harus menyampaikan informasi yang sebenarnya, akurat dan terpercaya karena ini penting buat pendidikan politik masyarakat, kalau pers menyimpang itu tidak memberikan satu hal yang positif bagi warga negara,” tutur Jaya.

Untuk diketahui, pada tahun ini tema perayaan HPN tahun 2024 yakni “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Adapun tujuan perayaan HPN sebagai salah satu pengingat akan kehadiran dan peran pers nasional di Indonesia. Penetapan HPN sendiri secara resmi diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia nomor 05 tahun 1985. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights