KPU Kukar Distribusikan Logistik Pemilu

KUTAI KARTANEGARA – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mulai distribusikan logistik pemilu pada Jumat (09/02/2024). Pada hari pertama, pendistribusian logistik pemilu tersebut dimulai pada Daerah Pemilih (Dapil) VI, yang termasuk dalam zona hulu dan menjadi lokasi terjauh dibandingkan dapil lainnya.

Kukar sendiri memiliki enam dapil untuk 20 kecamatan. Salah satunya Dapil VI yang mencangkup Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Wis, dan Kecamatan Muara Muntai.

Untuk pendistribusian ke wilayah tersebut, KPU telah menyiapkan 28 armada truk untuk mengangkut surat suara yang mencapai 423.620 lembar dan 1.790 kotak suara, bilik suara, dan perlengkapan logistik pemilu lainnya.

Serta terdapat surat suara cadangan tambahan sebanyak 2 persen untuk 5 jenis surat suara,yakni DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Untuk hari ini kita mulai distribusikan ke Dapil VI, hari selanjutnya untuk daerah pesisir di Dapil III dan IV,” ucap Ketua KPU Kukar Purnomo saat mengawasi pengangkutan kotak suara di halaman Kantor KPU Kukar. Kelurahan Timbau, Tenggarong, Jumat (09/02/2024).

Purnomo mengatakan, logistik yang didistribusikan nantinya ditujukan ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya, didistribusikan ke masing-masing TPS sejak H-1 hari pencoblosan. Dengan kata lain, harus ada di setiap TPS sebelum 13 Februari 2024.

Purnomo berharap dalam proses distribusi logistik pemilu semoga tidak mengalami hambatan seperti keadaan cuaca, KPU berkomitmen untuk memprioritaskan keselamatan logistik pemilu yang dikirim ke masing-masing kecamatan.

“Kendala sih semoga tidak hujan, safety-nya kita utamakan, ini jadi skala prioritas,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com