Pj Gubernur : IJD Merupakan Bonus Bagi Kaltim

PENAJAM – PRESIDEN Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD), di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Jum’at (1/3/2024). Pelaksanaan IJD di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dilaksanakan di Desa Argomulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sepanjang 50,9 kilometer.

“Bangun jalan lebih 50 kilometer melalui pelaksanaan IJD merupakan bonus bagi Kalimantan Timur,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik usai mendampingi Presiden Jokowi meresmikan pelaksanaan IJD.

Baginya pembangunan jalan melalui IJD membuktikan bahwa pemerintah tidak hanya membangun IKN. “Tetapi memperhatikan daerah-daerah penyangga sekitar IKN,” ujarnya.

Atas kebijakan itu menurut Akmal Malik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tidak boleh terlena dengan fasilitas dan infrastruktur jalan yang dibangunkan pemerintah pusat. Kaltim juga harus membangun dan ikut menyiapkan jalan jalan penghubung untuk akses ke IKN.

“Ini menjadi PR kita ke depan. Sebab Bapak Presiden sudah mulai 50,9 kilometer jalan desa di Penajam.Paser Utara,” bebernya.

Untuk menindaklanjutinya menurut Akmal Malik, Pemerintah Provinsi Kaltim mencoba mambangun jalan akses Kutai Kartanegara dan terjauh Mahakam Ulu. “Tugas kita yang jauh- jauh. Nanti yang dekat-dekat biar dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” tandasnya.

Ikut bersama Pj Gubernur Kaltim mendapingi Presiden Jokowi, Pj Bupati PPU Makmur Marbun, Camat Sepaku Gamaliel Abimanyu Arliandito, Ketua Wantimpres, para menteri Kabinet Indonesia Maju dan unsur Forkopimda. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com