Andi Harun : Lembaga Pendidikan Tempat Kembangkan Potensi Anak Didik

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun didaulat menjadi narasumber dalam talkshow gelaran SMA Negeri 10 Samarinda yang mengusung tema “Peran Serta Pelajar Dalam Mewujudkan Generasi Emas 2045 dan Mensukseskan IKN”, Selasa (5/3/2024).

“Pada kesempatan ini saya diundang oleh SMA 10 menjadi pembicara dalam talkshow leadership,” jelasnya saat wawancara dengan awak media.

Dia memandang tema yang diusung sangat penting dan kontekstual karena Indonesia sedang menghadapi dua momentum strategis berkaitan dengan potensi sumber daya manusia (SDM) generasi muda Indonesia.

“Yang pertama adalah Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2030. Artinya ada sekitar 180 juta penduduk Indonesia akan mencapai puncak produktifitasnya pada tahun 2030,” ungkapnya.

Andi Harun berpesan kepada seluruh pelajar putra putri Kota Samarinda, berkaitan dengan bonus demografi ini, agar terus fokus dalam belajar sehingga mempunyai kemampuan dan keterampilan yang selaras dengan tuntutan pada masanya nanti.

“Kemudian yang berikutnya momentum itu adalah sedang gencarnya pemerintah atas program hilirisasi. Dan memandang sumber daya manusia sebagai kunci sukses untuk meraih Indonesia masa depan,” lanjutnya.

Dia juga menekankan kepada lembaga pendidikan agar mempersiapkan sekolah bukan hanya sebagai tempat untuk mendapatkan ijasah saja, tetapi juga sebagai tempat untuk mengembangkan potensi SDM anak didik. Tujuannya adalah agar generasi muda dapat memiliki potensi dan kualitas yang memadai untuk menjadi modal SDM yang kuat di masa depan.

Melalui upaya ini diharapkan generasi emas 2045 dapat terwujud dan Indonesia dapat sukses dalam mewujudkan Indonesia maju. “Itulah kenapa kemudian kita memiliki tema nasional Indonesia Emas 2045,” pungkas Andi Harun. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com