Ada Sanggahan, Pleno Rekapitulasi di Kukar Berjalan Lancar

TENGGARONG – SEMPAT mendapat sanggahan dari saksi, rapat pleno rekapitulasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berjalan dengan aman dan lancar, hingga hari terakhir rekapitulasi, Selasa (05/03/2024) subuh.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar Purnomo mengatakan, sejauh ini tidak ada hambatan yang mencolok. Suara yang masuk dari masing–masing Pengawas Pemilu Kecamatan (PPK) tidak memiliki perubahan yang sangat signifikan.

“Walaupun terdapat sanggahan dari para saksi, namun kesalahan tersebut sudah di koreksi oleh PPK dalam rekapituasi tingkat kecamatan kemarin,” ucap Purnomo kepada awak media di Kantor KPU Kukar, Tenggarong, Selasa (05/03/2024).

Purnomo menjelaskan, hasil rekapitulasi tingkat kabupaten akan diumumkan pada keesokan harinya. Namun khusus penetapan calon legislatifnya (caleg), menunggu surat keputusan (SK) dari KPU RI dalam mengumumkan hasilnya.

Terdapat kemungkinan belum dapat mengumumkan sampai tiga hari ke depan, tak hayal terdapat beberapa saksi tidak berkenan untuk menandatangani berita acara hasil akhir perhitungan suara.

“Bagi saksi yang tidak mau tanda tangan, kita kasih tiga hari untuk mengajukan gugatan keberatan atas hasil akhirnya, kemudian dituangkan ke dalam formulir kejadian khusus,” jelasnya.

Ia juga memaparkan saksi yang menyatakan keberatan mendapatkan informasi atau bukti lapangan yang mereka terima, terdapat ketidaksesuaian antara C hasil yang mereka terima dengan D hasil mereka di tingkat kecamatan.

“Kita terus cross check, kita konfirmasi ke teman-teman PPK. Dari C hasil di tingkat TPS yang jadi acuan memang terdapat kecasalan penulisan,” tuturnya.

“Namun semuanya itu bisa diselesaikan dengan baik dan terbuka, sehingga calon-calon anggota legislatif yang bertarung duduk di kursi legislatif akhirnya mau mengerti dan menerima dengan tenang,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com