Ikut Panen Raya, Wali Kota Samarinda Pastikan Pasokan Beras Aman

SAMARINDA – PADA areal persawahan di Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Rabu (06/03/2024), Walikota Samarinda Andi Harun baru saja melakukan panen raya padi di lahan seluas 130 hektar bersama lima kelompok tani.

Bersama Kelompok Tani Rahmat Abadi, Agrowisata, Bina Usaha, Pelita Berkat Mandiri dan Berkat Usaha yang masing-masing beranggotakan 30-an orang itu, Andi Harun ikut gembira. Dia berkata, ini merupakan jawaban atas isu kelangkaan beras. Sebab katanya, pasokan beras ke Kota Samarinda selalu aman.

“Itu berita hoak. Seolah-olah kita lagi krisis beras, harga beras naik. Padahal sebenarnya engga ada. Apalagi stok beras di Kota Samarinda itu setidak-tidaknya aman sampai bulan Juni,” jelasnya.

“Di kota Samarinda yang tidak menentu cuacanya saja bisa panen, apalagi daerah Jawa. Jadi engga ada krisis beras secara nasional,” tambah wali kota.

Dengan panen raya padi di Sambutan ini, Wali Kota Samarinda berharap dapat menambah pasokan beras di Kota Samarinda. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, baik itu di momen Ramadhan maupun Idul Fitri, bahkan setelahnya.

Terlebih katanya lagi, Pemerintah Kota Samarinda selalu rutin melakukan pemantauan secara berkala terhadap naik turunnya harga bahan pangan. Dan sejauh ini menurutnya lagi, masih terpantau stabil. Kalaupun ada kenaikan, dinas terkait akan segera melakukan pengecekan dan pasti terditeksi.

Di samping itu imbuhnya lagi, petani tidak perlu khawatir jika ada gejolak harga beras. Sebab jika terjadi penurunan Pemerintah Kota Samarinda siap untuk mengakomodir berapapun jumlahnya.

“Nah di tengah berita yang simpang siur, terutama nasional, kita jangan terpengaruh. Cadangan pangan kita tidak hanya beras, tapi seluruhnya Insya Allah aman,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com