Hujan Deras, Pohon Tumbang Tutupi Jalan Mayjen Sutoyo Tenggarong

TENGGARONG – HUJAN deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah kelurahan di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (09/03/2024) siang telah mengakibatkan satu pohon besar tumbang hingga menutupi badan Jalan Sutoyo, Tenggarong.

Tumbangnya pohon besar di lokasi yang begitu strategis ini menyebabkan aktivitas warga sekitar terganggu. Sebab jalan ini berbatasan langsung dengan Museum Mulawarman Tenggarong, Pendopo Bupati Odah Etam, serta Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoedin.

Alus, seorang saksi yang merupakan anggota Satpol PP yang bertugas di Pendopo Bupati Odah Etam menyebutkan, setelah shalat dzuhur dilaksanakan, ia secara tidak sengaja mendapati bahwa salah satu pohon besar yang berada di pinggir jalan tepat di depan Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoedin tumbang menutupi Jalan Sutoyo.

Dijelaskan Alus, kejadian bermula setelah shalat dzuhur dilaksanakan, sekitar pukul 12.40 WITA. Hujan yang mengguyur sangat deras diserta angin kencang mampu merobohkan satu pohon. Alus yang sigap pun menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kukar dan relawan di Tenggarong untuk membantu evakuasi pohon tersebut.

“Sekitar habis dzuhur, saya melihat pohon tiba-tiba rebah. Kemudian kami melaporkan langsung ke BPBD Kukar untuk dievakuasi,” jelasnya ketika memantau langsung proses evakuasi pohon tumbang tersebut.

Dalam kejadian ini, dipastikan tidak ada korban jiwa sebab jalan sedang sepi karena hujan deras. Namun akibat kejadian ini, Jalan Sutoyo sempat ditutup sementara selama kurang lebih dua jam untuk pembersihan sisa-sisa potongan ranting dan daun yang menutupi jalan.

“Satu pohon itu ada tiga ranting, dan rantingnya itu jatuh semua, jadi full menutupi jalan,” ujarnya.

Pihak yang terlibat dalam proses evakuasi ini adalah BPBD Kutai Kartanegara, bagian rescue Pemadam Kebakaran Kukar dan relawan Balakarcana. Sementara alat yang digunakan berupa mesin senso dan kendaraan pengangkut.

Pihak BPBD Kukar juga menyebutkan jika dalam beberapa waktu ke depan, masyarakat mendapati kejadian seperti ini lagi, mereka bisa langsung menghubungi BPBD untuk dilakukan evakuasi secepatnya sehingga tidak menghambat aktivitas di daerah tersebut.

Alus menyebutkan, karena sudah memasuki musim hujan, ia berharap seluruh masyarakat bisa terus berhati-hati dalam berkendara.

“Karena beberapa hari ini hujan deras disertai dengan angin juga, saya berharap agar masyarakat lebih berhati-hati di jalan. Jika sedang hujan deras, bisa meneduh terlebih dahulu untuk mengurangi kemungkinan terkena musibah seperti ini,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com