PMI Kukar Ikut Aksi Pungut, Kumpul, dan Pilah Sampah

TENGGARONG – TAK hanya fokus pada bidang kesehatan saja, namun Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) juga hadir dalam kelestarian lingkungan. Hal itu dibuktikan melalui komitmen mereka berpartisipasi dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kukar.

Dalam kegiatan yang digelar pada Minggu (10/03/2024) pagi itu, tampak rombongan PMI Kukar yang membawa masing-masing trash bag untuk memungut sampah yang berada di sepanjang jalur Car Free Day, Jalan K.H. Ahmad Muksin.

Mereka mengumpulkan sampah-sampah yang berceceran sesuai dengan jenis yang telah ditetapkan. Pemilahan ini juga merupakan salah satu upaya dari DLHK Kukar dalam mengedukasi masyarakat dan undangan yang hadir agar bisa mulai memilah sampah, hingga menyisakan residu saja untuk dibuang ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) nantinya.

Perwakilan PMI Kukar Azriliansyah menyampaikan beberapa kesannya dalam mengikuti kegiatan ini.

“Seru sih, dan kami tentunya mendapatkan pengalaman baru. Sebab kami yang biasanya bekerja sebagai tim medis, kini diikutsertakan dalam kegiatan bertemakan lingkungan, yang mana dalam hal ini juga artinya kami bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam dua bidang,” jelas Azril ditemui usai memungut sampah di sekitaran jalan pusat CFD tersebut.

Ia mengaku, untuk saat ini PMI Kukar memang belum melakukan hal-hal yang berfokus pada pengelolaan sampah. Namun setelah mengikuti kegiatan ini, ia berharap ke depan bisa mulai menerapkan pemilahan sampah di lingkungan PMI.

“Mungkin dari sini, nanti bisa disarankan di lingkungan kerja kami bisa mulai memilah sampah dan bahkan terus diikutsertakan dalam kegiatan seperti ini lagi, kami sangat mengapresiasi itu,” katanya bersemangat.

Berkenaan dengan harapan, Azril menyebutkan bahwa ia menginginkan agar masyarakat bisa mulai mencintai lingkungan dengan termotivasi dari adanya kegiatan ini.

“Ini kan digelarnya di area CFD, area yang banyak dikunjungi orang. Semoga dengan masyarakat melihat kegiatan kami hari ini, mereka bisa mulai mengelola sampah yang benar, membuang sampah pada tempatnya. Karena bagaimanapun juga, kesehatan dan kebersihan lingkungan itu selalu berhubungan satu sama lain,” tutupnya.

Sementara itu, diketahui bahwa acara ini dimulai dari pukul 08.30 hingga 11.30 WITA. Tak hanya membersihkan area pinggir Sungai Mahakam, namun juga ketika CFD telah selesai, maka pihak yang berpartisipasi dalam acara ini juga akan membersihkan sampah pada area bekas CFD.

PMI Kukar bukanlah satu-satunya undangan yang hadir, ada KNPI Kabupaten Kutai Kartanegara, Assosiasi Karya Muda Mahakam, Kwarcab Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara, dan komunitas pemerhati sampah di Kukar. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com