HPSN, DLHK Kukar Adakan Aksi Pungut Sampah

TENGGARONG – TANGGAL 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Indonesia. Hari seperti ini dirayakan oleh banyak pihak dengan melakukan kampanye maupun kegiatan yang berkenaan dengan upaya pengelolaan sampah.

Salah satu pihak yang tak pernah melewatkan peringatan HPSN ini adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Sebagai perangkat daerah yang bergerak di bidang lingkungan, DLHK Kukar ikut merayakan HPSN melalui Aksi Pungut, Kumpul, dan Pilah Sampah.

Mengusung tema “Atasi Plastik dengan Cara Produktif”, acara yang digelar DLHK Kukar itu melibatkan banyak komunitas peduli lingkungan, perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, dan masyarakat di Creative Park Tenggarong, Minggu (10/03/2024).

Kepala DLHK Kukar Slamet Hadiraharjo menyebutkan, kegiatan Pungut, Kumpul, dan Pilah Sampah yang dilakukan di lokasi Car Free Day Tenggarong itu mendapat sambutan dari warga. “Kami sangat antusias menyambut Hari Peduli Sampah Nasional. Antusias masyarakat juga cukup baik,” ujarnya.

Slamet menjelaskan, acara yang digelar satu hari itu dimulai dari Jembatan Bongkok hingga pertigaan lampu merah kawasan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara.

“Kami berharap dengan memelihara lingkungan, salah satunya melalui pemungutan sampah dan pembuangan sampah pada tempatnya, menjadi bagian yang kami rencanakan untuk dapat dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya hari ini saja,” harapnya.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memberikan contoh atau edukasi kepada masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah, mulai dari cara yang paling sederhana.

Adapun himbauan yang diberikan oleh Slamet selaku perwakilan dari pemerintah daerah adalah masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan sekitar sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan untuk generasi yang akan datang. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com