Tahun Ini, Kelurahan Maluhu Bakal Punya Alun-Alun

TENGGARONG – Tanggal 24 Maret 2024 direncanakan sebagai tanggal peresmian lapangan yang ada di depan kantor Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Lapangan tersebut akan diperuntukan sebagai pusat keramaian, pusat hiburan, dan kuliner. Peresmiannya akan dilakukan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

Ditemui beritaborneo.com usai mengikuti kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Creative Park Tenggarong, Minggu (10/03/2024), Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro mengungkapkan, nantinya di lokasi tersebut akan ada pedagang yang berafiliasi dengan berbagai organisasi di Kabupaten Kukar.

“Akan ada sekitar 10 rombong, bentuk kerja sama Kelurahan Maluhu dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk rombong kuliner dan peralatan yang diperlukan semuanya dibantu oleh Baznas,” jelas Tri Joko.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tidak hanya rombong untuk para pedagang, namun juga lapangan tersebut akan dibuat seperti alun-alun yang ada di Pulau Jawa. Ia menyebut bahwa pihaknya pun akan menghias lapangan tersebut dengan lampu-lampu hias.

Selain itu, akan ada pula area jogging track berupa kerikil untuk pengobatan kaki, dan dilengkapi pula dengan tempat duduk serta tempat sampah yang memadai guna mendukung penggunaan dari lapangan tersebut.

“Saya ingin lapangan tersebut bisa hidup dan menghidupkan ekonomi masyarakat di Kelurahan Maluhu. Ini bisa jadi pusat hiburan bagi mereka,” tegas Tri Joko.

Dalam rencananya ini, lapangan yang dijadikan alun-alun itu tidak hanya dipergunakan selama bulan ramadhan 1445 Hijriah saja, namun juga terus digunakan pada hari-hari biasa setelahnya.

Tri Joko menyebut bahwa peresmian pada tanggal 24 Maret mendatang disertai dengan alasan untuk membersamai pembukaan Festival Ramadhan yang juga diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara.

“Akan kami upload di media sosial untuk memancing masyarakat di luar Maluhu agar bisa datang dan menikmati langsung fasilitas dan makanan yang tersedia di lapangan ini,” pungkasnya.

Lapangan yang akan dipergunakan sebagai alun-alun ini direncanakan untuk mulai beroperasi dari sore hari hingga malam tiba sesuai dengan kunjungan para pengunjung. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com