Samri: Pergantian Pejabat di Pemkot Samarinda Hal Wajar

PARLEMENTARIA SAMARINDA – WAKIL Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Samri Shaputra mengatakan pergantian sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda oleh wali kota adalah suatu hal yang wajar.

Sekedar diketahui, Wali Kota Samarinda Andi Harun kembali melantik 150 pejabat struktural dan enam pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Samarinda, Pelantikan tersebut dilangsungkan di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda.

“Suatu yang wajar. Barang kali wali kota punya penilaian tersendiri terhadap kinerja dari kepala dinas yang diganti itu,” ujar Samri -sapaan akrabnya, kepada awak media di ruang kerjanya lantai 3 Gedung DPRD Samarinda, Selasa (26/03/2024).

Diungkapkan Samri, pergantian berdasarkan kinerja atau pengisian jabatan posisi yang kosong itu merupakan hal yang wajar dalam suatu pemerintahan. Pergantian tersebut juga merupakan hak seorang pemimpin untuk mendukung program kerjanya, Namun begitu dia menegaskan, pergantian itu tidak boleh berdasarkan kepentingan politik.

“Mudah-mudahan semua pergantian itu tidak ada tendensi lain. Apalagi kita ini baru selesai menghadapi pemilihan umum dan mau menghadapi pemilihan kepala daerah. Kalau itu murni berdasarkan kinerja, itu sah saja dalam pemerintahan. Itu hal biasa dalam mengganti kepala dinas dan hak wali kota untuk melakukan itu dalam rangka mendukung kerjanya,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dia juga menegaskan, pihaknya sangat mendukung pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkot Samarinda apabila pergantian itu dinilai dari kinerja sehingga dapat mensupport kepala daerah, “Kalau ini pergantiannya murni berdasarkan kinerja, maka sah saja dan kami mendukung hal itu,” tutup Samri. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com