Kemenangan Gemilang Timnas Indonesia 3-0 di Kandang Vietnam

JAKARTA – Indonesia mengalahkan Vietnam 3-0 dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/03/2024) malam Waktu Indonesia Barat (WIB). Hasil ini membuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia kukuh di posisi kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin. Tim Garuda unggul empat poin atas Vietnam yang menempati posisi ketiga.

Timnas Indonesia sudah membuka keunggulan 1-0 saat laga baru berjalan sembilan menit. Gol pembuka dicetak oleh Jay Idzes. Gol ini bermula dari sepak pojok terukur yang dilepaskan Thom Haye. Eksekusinya mengarah ke Jay Idzes yang dalam posisi tidak terkawal dan sundulannya berhasil menggetarkan gawang tuan rumah.

Timnas Indonesia bahkan bisa memperbesar keunggulan pada menit ke-24. Aksi individu dilakukan Ragnar Oratmangoen yang melakukan tusukan ke kotak penalti. Pemain Fortuna Sittard itu sukses melewati dua pemain Vietnam yang diakhiri tembakan kaki kiri mendatar yang membuat Nguyen Filip kembali memungut bola dari gawangnya.

Ernando Ari Sutaryadi membuat penyelamatan apik pada menit ke-33. Tendangan bebas Khuat Van Khang yang mengarah ke gawang bisa digagalkan sembari menjatuhkan diri. Pelatih Shin Tae Yong melakukan dua pergantian pemain pada awal babak kedua. Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri dimasukkan menggantikan Hokky Maulana serta kapten tim Asnawi Mangkualam.

Ragnar kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-65. Aksi individu dilakukan Ragnar tetapi saat coba memberikan umpan kepada Egy bola masih bisa diblok pemain Vietnam. Tuan rumah berupaya untuk bisa mendominasi permainan. Upaya itu membuahkan hasil tetapi Vietnam tetap kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Timnas Indonesia yang bermain solid di pertandingan ini.

Ragnar kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol keduanya pada menit ke-79. Hanya saja tembakan kaki kirinya dari sudut sempit hanya menerpa bagian luar jala gawang Vietnam. Pemain Vietnam Ho Tan Tai punya peluang untuk mencetak gol pada menit ke-84. Akan tetapi tembakannya masih belum membahayakan gawang Ernando.

Timnas Indonesia berhasil mencetak gol ketiga ke gawang Vietnam pada menit terakhir masa injury time. Pemain pengganti Ramadhan Sananta mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut yang berawal dari sepakan keras Edo Febriansah di luar kotak penalti.

Susunan pemain
Vietnam (5-4-1):Filip Nguyen (PG); Bui Tien Dung, Pham Xuann Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh Vu Van Thanh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Khuat Van Khang, Nguyen Thai Son; Nguyen Tien Linh

Timnas Indonesia (3-4-3):Ernando Ari (PG); Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On;Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen; Hokky Caraka. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com