Berharap Disediakan Lapak Bagi Pedagang di Stadion Batakan

BALIKPAPAN – Stadion Batakan Balikpapan kembali menjadi lokasi pertandingan sepak bola antara PSM Makassar dan Borneo FC. Pertandingan bergengsi itu digelar selama sembilan puluh menit pada hari Jumat (29/03/2024).

Pertandingan yang berlangsung mulai pukul 21.30 WITA itu berlangsung begitu meriah dan dihadiri oleh dua kubu pendukung dari masing-masing tim sepak bola. Tidak hanya dihadiri oleh suporter, namun juga bagian luar stadion pun dipadati oleh beberapa pedagang kaki lima. Karmina, salah satu pedagang minuman dingin yang turut hadir meramaikan acara tersebut mengaku telah mendapatkan keuntungan yang besar malam itu.

Terlebih lagi makanan dan minuman yang dijualnya dibanderol mulai dari Rp3.000 minuman dingin dan beberapa makanan ringan menjadi tujuan para suporter selama mengantre penukaran tiket, jeda istirahat permainan menuju babak kedua, dan ketika selesai pertandingan. “Saya selalu hadir dalam acara-acara pertandingan bola seperti ini. Di luar stadion saja karena tidak menyewa, namun antusias dari pembelinya sangat lumayan. Saya bersyukur,” ungkap Karmina pada tim Berita Borneo yang turut hadir dalam pertandingan tersebut.

Sebelumnya Karmina mengaku bahwa terdapat dua titik lokasi berjualan yang diperbolehkan di Stadion Batakan, yakni lokasi di depan gerbang masuk utama stadion (lokasi yang kini ditempatinya) dan lokasi yang ada jalan masuk atas, sebelum ke stadion.

Namun Karmina menjelaskan untuk lokasi yang berada di atas harus membayar biaya sewa, sehingga kebanyakan pedagang memilih untuk berjualan di bawah saja sebab bebas biaya sewa. “Dulu sempat ada biaya kebersihan, namun sekarang sudah dihapuskan. Kami langsung membersihkan sendiri tempat yang kami pakai,” katanya.

Karmina juga menyebutkan bahwa ia telah berjualan selama bertahun-tahun untuk acara-acara besar seperti ini dan berharap kepada Pemerintah Kota Balikpapan untuk bisa menyediakan lokasi berjualan yang tidak mengganggu arus lalu lintas di dalam stadion. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com